Unsrat Kini Berakreditasi A

Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado.

Manado, KomunikaSulut – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado kini telah menyandang status sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berkreditasi A pada Rabu (27/12/2017). Hal ini berdasarkan keterangan di website resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) RI.

Kepada KomunikaSulut, Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian Unsrat sampai pada titik ini.

Praise The Lord,” ujarnya.

Perihal Surat Keputusan (SK) BAN-PT untuk Akreditasi A Unsrat, dikonfirmasi oleh Prof. Kumaat barulah akan didapat nanti. Jadi, untuk sementara keterangan Akreditasi A Unsrat publikasinya masih melalui website resmi BAN-PT.

“Untuk Surat Keputusan (SK) nya nanti akan menyusul. Sementara ini penetapannya masih melalui website resmi BAN-PT,” jelasnya.

Dengan penetapan ini, Unsrat menjadi Perguruan Tinggi (PT) pertama di Sulut yang menyandang status akreditasi A. Berdasarakan data BAN-PT, terdapat 15 PT di Sulut berakreditasi C, 4 PT berakreditasi B, dan 1 PT (Unsrat) berakreditasi A.

Berdasarkan alur akreditasi di website BAN-PT (https://banpt.or.id/alur_akreditasi), terdapat 21 tahapan yang harus dilalui suatu perguruan tinggi untuk bisa resmi mendapatkan gelar akreditasi. Mulai dari menyerahkan dokumen akreditasi perguruan tinggi kepada pihak BAN-PT, masuk tahapan verifikasi dan penilaian dokumen akreditasi, asesmen lapangan, validasi asesmen lapangan, rapat pleno majelis untuk keputusan status akreditasi, publikasi hasil penetapan akreditasi, dan akhirnya sampai pada tahapan BAN-PT mengeluarkan SK akreditasi bagi perguruan tinggi yang bersangkutan.

Saat ini, Unsrat sudah berada pada tahapan ke-19 dalam alur akreditasi BAN-PT. Tahapan selanjutnya tinggal menunggu SK resmi dari BAN-PT. (RE)

Keterangan penetapan status Unsrat sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berakreditasi A di website resmi BAN-PT.