Acara Pergantian Tahun Sulut Diwarnai Ragam Prestasi

Detik-detik malam pergantian tahun 2017-2018 di acara puncak Christmas Festival yang bertajuk “Old and New” di Area Pohon Kasih, Kawasan Mega Mas Manado, Minggu (31/12/2017). (fto:ist)

Manado, KomunikaSulut – Malam puncak Christmas Festival yang bertajuk “Old and New” oleh Pemerintah Provinsi Sulut bekerja sama dengan Pemerintah Kota Manado berlangsung meriah di Area Pohon Kasih, Kawasan Mega Mas Manado, Minggu (31/12/2017). Acara yang digelar dalam rangka menyambut pergantian tahun 2017-2018 tersebut, tercatat telah dihadiri sekitar 25 ribu orang –baik masyarakat lokal maupun mancanegara sejak awal pelaksanaannya Rabu (20/12/2017).

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Sulut yang sampai saat ini terus menjaga nilai-nilai toleransi dan kerukunan, sehingga Sulut bisa dinobatkan sebagai provinsi paling aman di Indonesia. Namun, kedepannya kita memiliki tugas yang berat untuk tetap menjaga nilai-nilai ini.

“Terima kasih kepada masyarakat Sulut yang telah menjaga dan terus memelihara kerukunan –dengan saling bergandengan tangan menempatkan Sulut sebagai Provinsi paling aman di Indonesia,” ujarnya.

“Kedepannya pekerjaan kita tidak gampang, yaitu untuk merawat kerukunan dan kedamaian yang ada di Sulut. Hal ini merupakan panggilan hati nurani kita; apa yang dikerjakan oleh para tokoh daerah kita, para Wartawan yang memberitakan soal kebaikan di Sulut sehingga hal ini senantiasa terus menciptakan kedamaian dihati kita,” tambahnya.

Menyambut tahun baru 2018, lanjut Olly, pastilah akan ada banyak tantangan dalam kehidupan kita bermasyarakat. Oleh karena itu, saya menghimbau untuk kita senantiasa bergotong-royong dan saling membantu seperti apa yang telah diwariskan oleh para pendiri daerah kita, yaitu bapak Dr. Sam Ratulangi filosofinya ”Si Tou Ti Mou Tu Mou Tou.” Filosofi tersebut memiliki arti mari torang baku bantu, mari torang baku jaga, karna torang samua basudara dan torang samua ciptaan Tuhan.

Perlu juga diinformasikan, mulai tanggal 20 Desember 2017 sampai hari ini, kita telah kedatangan tamu sebanyak 25 ribu orang –baik turis lokal maupun internasional. Hal ini bisa terjadi karena kerukunan yang selama ini terus kita pelihara di Bumi Nyiur Melambai. Sulut juga telah diberikan penghargaan sebagai provinsi terbahagia ketiga di Indonesia dan Kota Manado sendiri mendapatkan peringkat sebagai kota paling toleran di Indonesia. pada akhirnya Sulut mengakhir pergantian tahun 2017-2018 dengan berbagai prestasi yang membanggakan, tandas Olly.

Selain itu, Walikota Manado, Dr. Ir. Godbless Sofcar Vicky Lumentut, S.H, M.Si, DEA, mengapresiasi kerja sama yang intens terjalin antara Pemprov Sulut dan Pemkot Manado sampai saat ini. Sehingga, Provinsi Sulut dan Kota Manado bisa meraih berbagai prestasi membanggakan dalam menutup tahun 2017.

“Yang paling menarik dan terukir dengan tinta emas di tahun 2017 adalah hubungan harmonis Pemkot Manado dan Pemprov Sulut. Sehingga kinerja tersebut bisa mengantarkan Sulut dan Kota Manado sebagai daerah yang mampu menjaga toleransi yang tinggi tanpa dibatasi oleh sekat agama,” pungkasnya. (RE)