Apel Perdana Unsrat, Prof Kumaat Evaluasi Prestasi dan Visi Kedepan

Apel perdana Unsrat diikuti seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) kampus di lapangan sepak bola Unsrat, Rabu (3/1/2018). (fto:ist)

Manado, KomunikaSulut – Universitas Sam Ratulangi menggelar apel perdana di lapangan sepak bola Unsrat, Rabu (3/1/2018). Apel perdana tersebut mengawali segala kegiatan akademik dan non-akademik setiap unit kerja di Unsrat.

Dalam sambutan Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, beliau merefleksikan prestasi-prestasi yang telah diraih Unsrat selama berada di tahun 2017 dan memaparkan harapan beserta visi Unsrat di tahun 2018.

“Sejarah telah terukir bagi Unsrat di tahun 2017, diantaranya Unsrat telah memasuki status Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU), proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) teaching hospital serta proyek pembangunan oleh IDB GroundBreaking yang dipercayakan kepada Unsrat, hingga tercapainya akreditasi dari Badan Akreditasi Negara Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan hasil A,” jelas Prof. Kumaat saat bertindak sebagai pembina upacara.

“Pencapaian-pencapaian ini tentu membuat kita bersyukur tanpa harus menjadi puas diri. Justru, semua itu akan semakin membakar semangat kita untuk terus melangkah dan mempertahankan –bahkan meningkatkan– kepercayaan yang telah diberikan kepada Unsrat melalui peningkatan mutu setiap unit kerja,” tambahnya.

Dengan penuh kerendahan hati, lanjut Prof. Kumaat, kita semua mempersembahkan goresan sejarah ini bagi masyarakat luas –khususnya Sulut– sebagai wujud pengabdian sekaligus moral force bagi kemajuan bangsa dan negara.

Hasil evaluasi menunjukan salah satu target kerja yang harus dibenahi di tahun 2018, yaitu lebih meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan di semua bidang, terutama berhubungan dengan bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, kemahasiswaan, administrasi umum, keuangan, perencanaan, dan penganggaran.

Mari kita satukan derap langkah dan saling bergandengan tangan untuk menciptakan perubahan-perubahan yang lebih baik guna lebih meningkatkan citra Unsrat sebagai rumah tempat kita berkarsa, berkarya, dan mengabdi untuk kemaslahatan masyarakat Sulut maupun bangsa Indonesia.

Unsrat harus terus solid dan bersatu dalam berbagai situasi dan kondisi dalam menghadapi tantangan dan ancaman guna memperjuangkan kepentingan institusi. Tantangan dan ancaman tersebut hendaknya diterima sebagai pelajaran berharga untuk semakin arif dalam menuntun langkah kedepan.

Aspirasi kita bisa berbeda-beda, namun apapun kepercayaan yang diberikan kepada kita, jalankanlah dengan sepenuh hati dan fokuslah pada tugas maupun fungsi kita masing-masing. Maka, proses itu akan membawa kita pada berkat yang sesungguhnya.

Di tahun yang baru ini, saya mengajak kita semua untuk semakin menghargai waktu. Hargailah itu dengan menggunakannya dengan cerdas dan bertanggung jawab.

Apel perdana Unsrat diikuti segenap civitas akademika Unsrat, baik pimpinan rektorat, pimpinan fakultas, staf/pegawai, dosen, dan setiap unit kerja yang ada. Setelah apel perdana, kegiatan dilanjutkan dengan acara perayaan natal Unsrat di Auditorium kampus. (RE)