Dinas Kelautan Manado Target Asuransikan Semua Nelayan

Manado, 19/1 (Komunikasulut.com) – Dinas Kelautan Perikanan dan Pertanian (DKPP) Manado, memberikan perlindungan asuransi bagi seluruh nelayan setempat pada 2018.

“Targetnya semua 6.912 orang nelayan di Manado harus terasuransikan, meskipun memang masih terkendala dari nelayan sendiri,” kata kepala DKPP Manado, Ir. Nolfie Talumewo, MSi, di Manado.

Karena itu, kata Talumewo, untuk membuat nelayan mau dan tergerak ikut asuransi, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan mengenai pentingnya hal tersebut kepada nelayan.

Dia mengatakan, asuransi khusus nelayan dari PT Jasindo itu bermanfaat bagi nelayan, sebab sangat membantu jika terjadi sesuatu baik itu sakit, kecelakaan atau bahkan meninggal dunia.

Dia mengakui pada 2017 lalu, nelayan yang sudah terlindungi asuransi di Manado berjumlah 318 orang dari 6.912 nelayan yang ada di daerah tersebut.

Kepala Bidang Perikanan dan Kelautan DKPP Manado, Ir. Bollywood Watuseke, mengatakan, syarat untuk ikut asuransi nelayan di Manado itu mudah saja, diantaranya harus memiliki KTP Manado, kemudian harus yang pekerjaannya nelayan, dan membayar premi Rp140 ribu perbulan.

Dia menjelaskan, bagi nelayan yang meninggal dunia ketika melaut mendapatkan untuk cacat tetap sebesdar Rp100 juta, meninggal dunia di laut Rp200 juta dan meninggal di daratan Rp170 juta per nelayan. (Dims)