504 “Pala” Manado di Kukuhkan

Wawali Manado, Mor Dominus Bastian, S.E, saat melantik 504 Pala Manado di ruangan serbaguna, Kantor Walikota, Jumat (19/1/2018). (fto:ist)

Manado, KomunikaSulut – Sebanyak 504 orang Kepala Lingkungan (Pala) di Manado dilantik oleh Wakil Walikota, Mor Dominus Bastian, S.E, mewakili kewenangan Walikota, Dr. Ir. Godbless Sofcar Vicky Lumentut, S.H, M.Si, DEA, di ruangan serbaguna, Kantor Walikota Manado, Jumat (19/1/2018).

Dalam sambutannya, Mor mengingatkan kembali akan tanggung jawab dan tugas yang harus diemban para Pala terpilih –sebagai pelayan masyarakat.

“Karena kalian Pala sudah masuk ke sistem Pemerintah Kota Manado, jika anda baik dan bekerja baik maka itu akan merepresentasikan wajah Pemkot Manado. Jika jelek, maka pasti yang kena dampaknya Pemkot Manado juga. Mampulah jadi terdepan dan terbaik di tengah masyarakat, serta loyal kepada Pak Walikota. Jangan ada lagi Pala pimpin demo dan ikut-ikutan berpolitik praktis. Tahun 2019 adalah tahun Politik, jangan pasang tarif dan berpolitik di tahun 2018 ini. Pahami tugas pokok kerja Pala, jangan ambil alih tugas pimpinan Lurah atau Camat,” lugasnya.

“Sebagai kepala lingkungan, saudara-saudara mempunyai tanggung jawab yang sangat penting dan strategis ditengah masyarakat. Karena, saudara harus melaksanakan program-program pemerintah Kota Manado serta menyampaikan kepada masyarakat,” tandasnya.

Jaga terus integritas kalian, lanjut Mor, karena wajah Pemkot Manado ada di tangan Pala. Jangan materialistis di masyarakat, stop lakukan pungli-pungli karena Pala itu di gaji. Lakukan tugas tanpa pamrih, meski itu dirasakan berat untuk punya komitmen melayani dengan tulus, tapi itu harus dilakukan. Jika tidak mampu dan sulit menjalankannya, silahkan minta mundur saat ini juga.

Saya dan Pak Walikota berharap 504 kepala lingkungan yang dilantik saat ini bisa bekerja dengan tulus dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar. Dan yang paling penting mampu melayani masyarakat dengan sebaik mungkin, tutup Mor.

Para Pala terpilih telah melalui proses seleksi yang ketat dikecamatan masing-masing sejak 5-10 Januari 2018. Serta telah memenuhi segala persyaratan yang telah diverifikasi, seperti halnya memiliki ijasah mimimal SMTP (Sekolah Menengah Tingkat Pertama), berusia minimal 30 tahun-maksimal 60 tahun, surat keterangan sebagai kepala lingkungan tahun 2017 dan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan program Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) Mapalus tahun 2017 yang ditandatangani Kepala Dinas Sosial. (RE)