Olly Tunjuk Penjabat Bupati Minahasa dan Plt Wali Kota Kotamobagu

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E. (fto:ist)

Manado, KomunikaSulut — Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, S.E, resmi menunjuk Penjabat Bupati Minahasa dan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Kotamobagu, Selasa (30/1/2018).

Kepada awak pers, Olly menyebutkan kedua pihak yang diberikan kewenangan untuk memegang amanat kepemimpinan tersebut.

“Untuk Penjabat Bupati Minahasa, saya percayakan kepada Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Drs. Royke Mewoh. Dan Untuk Plt Wali Kota Kotamobagu, saya percayakan kepada Asisten II Setdaprov Sulut, Ruddy Mokoginta,” papar Olly di kantor DPD PDIP, Jl. Ir. Soekarno, Minahasa Utara, usai verifikasi faktual partai politik, Selasa (30/1/2018) sore.

Beberapa persyaratan bagi kandidat penjabat Wali Kota dan Plt sempat dibeberkan Olly beberapa waktu yang lalu.

“Penjabat Bupati Minahasa tentunya harus orang Minahasa. Begitu pun dengan Plt Wali Kota Kotamobagu, syarat utamanya harus berasal dari Bolaang Mongondow. Supaya lebih paham daerah,” jelasnya.

Olly mengharapkan kedua pihak yang telah dipercayakan amanat tersebut bisa melaksanakan tugasnya dengan profesional dan mampu menjaga netralitas ketika memasuki periode tahun-tahun pilkada yang akan datang.

“Baik penjabat dan Plt tidak boleh terlibat dengan partai politik maupun dengan para calon. Harus netral,” tergas orang nomor satu di Sulut tersebut.

Diketahui, Bupati Minahasa, Drs. Jantje Sajow, akan mengakhiri periode jabatannya pada tanggal 17 Maret 2018. Masa jabatan Wali Kota Kotamobagu, Tatong Bara, akan segera usai pada September 2018. (RE)