DPRD Sulut Sahkan Ranperda Tahura Gunung Tumpa Jadi Perda

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E, menandatangani surat keputusan penetapan Ranperda Tahura Gunung Tumpa H.V. Worang sebagai Perda Provinsi Sulut. (fto:ist)

Manado, KomunikaSulut.Com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perlindungan, Pengawetan dan Pemanfaatan Taman Hutan Raya Gunung Tumpa H.V. Worang sebagai Peraturan Daerah (Perda) Sulut tahun 2018. Ranperda disepakati secara kolektif kolegial di rapat Paripurna DPRD Sulut, Jumat (2/2/2018).

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E, dalam sambutannya mengharapkan setelah Ranperda Tahura disepakati oleh keenam fraksi partai di DPRD Sulut, kedepannya bisa lebih menyokong pertumbuhan Ekowisata Sulut.

“Setelah digagas pemerintah, Ranperda Tahura ditargetkan bisa bermanfaat dalam menumbuh kembangkan pengelolaan lingkungan di Sulut, terlebih khusus dalam memajukan sektor Ekowisata Sulut,” lugas Olly.

“Kiranya DPRD Sulut bisa terus membahas dan menyempurnakan berbagai Ranperda lewat kajian yang komprehensif, sehingga bisa secepatnya ditetapkan sebagai Perda. Dan secepatnya bisa memberikan manfaat yang baik di segala sektor Sulut, terlebih untuk menambah pendapatan daerah,” tambah orang nomor satu di Nyiur Melambai tersebut.

Selain Ranperda Tahura, rapat paripurna juga membahas tentang program pembentukan peraturan daerah tahun 2018, Ranperda tentang Badan Usaha Pertambangan dan Mineral serta Ranperda Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Jaminan Kredit Daerah Sulut. Ketiga hal tersebut pun disetujui oleh seluruh fraksi untuk dibawa ketahapan selanjutnya.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw, dan dihadiri Gubernur Olly Dondokambey, S.E,  Wakil Gubernur Drs. Steven Kandouw, Sekretaris Provinsi, Edwin H. Silangen, S.E, M.S, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut, delegasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Bank Indonesia (BI) di Manado, Otoritas Jasa keuangan di Manado, dan perwakilan akademisi. (RE)