Enam Nama Bakal Calon Rektor Unsrat Dikantongi Panitia

Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado.

Manado, KomunikaSulut.Com — Proses penjaringan dan pemilihan Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado periode 2018-2022 telah memasuki tahapan pendaftaran bakal calon. Pun tujuh nama kandidat telah dikantongi pihak panitia penyelenggara, Kamis (8/2/2018).

Informasi yang diperoleh awak pers dari pihak panitia, keenam nama kandidat terdiri dari Prof. Ir. Dody Sumajouw, MEng, Ph.D, Prof. Dr. Telly Sumbu, M.H, Dr. Flora Pricilla Kalalo, M.H, Prof. Dr. dr. Adrian Umboh, Sp.A, Dr. Ir. Jefrey Kindangen, DEA, dan Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Si, DEA.

Namun demikian, ada sejumlah kandidat yang masih belum memenuhi syarat administrasi, sehingga perlu dilengkapi agar bisa terdaftar secara resmi dalam kontestasi Pilrek Unsrat. Batas pemenuhannya pun sampai hari Jumat (9/2/2018) sesuai jadwal tahapan yang telah ditetapkan.

“Jika ada dokumen para kandidat yang belum memenuhi syarat dan tidak dilengkapi sampai esok, maka kandidat tersebut dipastikan gugur,” jelas Ketua Panitia Pilrek Unsrat, Prof. Dr. Ir. Siegfried Berhimpon, M.S, MAppSc.

Selain itu, Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unsrat, Prof. Dr. Ir. Hengky Johanis Kiroh, M.S, memberikan tanggapannya terkait tahapan Pilrek yang sudah hampir ditengah jalan ini.

“Pada intinya siapapun yang menjadi pemimpin Unsrat nanti harus bisa mempertahankan akreditasi A yang telah dicapai oleh pemimpin yang sebelumnya. Terlebih lagi harus bisa membawa Unsrat lebih baik kedepannya, jangan lebih mundur,” tegasnya.

Pun Dr. Flora Pricilla Kalalo, M.H, yang sebelumnya menjadi salah satu dari sembilan orang panitia Pilrek Unsrat, telah memundurkan diri untuk menjadi bacarek Unsrat.

Sesuai SK Senat Unsrat  No. 10 Tahun 2018, setelah tahapan pendaftaran bakal calon Rektor Unsrat, tahapan selanjutnya adalah sebagai berikut:

  • Tahapan Penjaringan;
    – Seleksi administrasi (21-22 Februari 2018)
    – Penetapan Bakal Calon (23 Februari 2018)
    – Penyerahan nama bakal calon kepada Senat Unsrat (23 Februari 2018)
    – Pengumuman nama bakal calon Rektor Unsrat (26-28 Februari 2018)
  • Tahapan Penyaringan oleh Senat Unsrat;
    – Penyampaian visi, misi dan program kerja (1-8 Maret 2018)
    – Penilaian dan pemilihan calon rektor (1-8 Maret 2018)
    – Penetapan calon rektor (1-8 Maret 2018)
    – Pengiriman 3 nama calon rektor kepada menteri (9-15 Maret 2018)
  • Tahapan pemilihan rektor oleh Senat Unsrat dan Menristekdikti (2-13 April 2018)
  • Penetapan dan pelantikan Rektor Unsrat Periode 2018-2022 oleh Menristekdikti (27 Juli 2018). (RE)