AFP Sulut Bersiap Menuju Pra PON 2019

Sekretaris AFP Sulut, Marvil Budiman (Kiri), Ketua AFP Sulut, Lexi Mantiri (Tengah), Ketua Afkot Manado, Hilman Idrus (Kanan).

Manado, KomunikaSulut.Com — Menjelang ajang Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) 2019, Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulut telah mengagendakan hal-hal yang dibutuhkan untuk bisa memenangkan kompetisi berskala nasional yang mempertemukan para atlit-atlit berbakat tersebut; baik tim maupun individu. Terlebih khusus di bidang olahraga futsal.

Kepada KomunikaSulut, Ketua AFP Sulut, Lexi Mantiri, mengungkapkan persiapan-persiapan yang telah dilakukan tim dalam rangka menyabet gelar juara di kompetisi bergengsi itu.

“Tim Pra PON 2019 akan segera bekerja pada akhir bulan Februari atau selambat-lambatnya awal Maret 2018, usai kongres AFP Sulut. AFP Sulut akan turun ke kabupaten/kota di Sulut untuk melakukan proses penjaringan pemain. Nantinya selama proses seleksi akan membentuk dua tim, yaitu tim merah dan putih dengan beranggotakan 24 orang dan disaring menjadi 20 orang sebagai pemain inti,” ungkapnya.

“Pelatih yang berkompeten pun telah disediakan, namun belum bisa dipublikasikan. Pelatih ini cukup dikenal di kancah persepakbolaan Indonesia dengan lisensi C AFC, memiliki basic tujuh tahun di liga tertinggi futsal dan sudah tujuh kali merasakan gelar juara. Dia pernah memperkuat tim terbaik di Indonesia dengan pencapaian tiga kali runner up dan tiga kali keluar sebagai juara. Dibawah naungannya para pemain akan dipelihara dan dilatih hingga akhirnya bisa qualified untuk mengikuti Pra PON 2019,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Lexi, AFP Sulut sudah mengagendakan pembentukan Satuan Latihan (Satlat) Tim Pra PON 2019. Mereka adalah pengusaha-pengusaha muda yang telah siap memback up segala keperluan pendanaan tim dan akan combine bersama Pemerintah Provinsi Sulut. Lalu, setelah tim melakukan penjaringan pemain, kami akan mengadakan try out di Pulau Jawa dan di wilayan Indonesia Timur. Dikarenakan Jawa merupakan daerah bercokolnya tim-tim kelas satu dan kami ingin mengetahui karakter-karekter tim di Indonesia Timur dalam kompetisi nanti.

Sekretaris AFP Sulut, Marvil Budiman, pun mengungkapkan bahwa AFP Sulut menjadi tim pertama yang merancangkan segala persiapan menuju Pra PON 2019.

“Dibawah kepemimpinan Lexi Mantiri, Tim Pra PON Futsal Sulut menjadi tim pertama yang mempersiapkan berbagai hal tersebut. Kami sudah mengamati daerah-daerah lain dan belum ada yang melakukannya. Dengan persiapan selama hampir satu tahun ini, kedepannya kami menargetkan tim futsal AFP Sulut –dalam binaan Ketua Lexi Mantiri– bisa mempersembahkan Medali Perunggu bagi Bumi Nyiur Melambai,” bebernya.

“AFP Sulut juga sudah mengajukan diri secara lisan untuk menjadi tuan rumah Pra PON 2019 di bidang olahraga futsal, dan sejumlah asosiasi di kabupaten/kota serta provinsi  di Indonesia mendukung pernyataan tersebut, kita tunggu saja,” tambah Marvil.

Pun Ketua Asosiasi Futsal Kota Manado, Hilman Idrus, menyatakan sikapnya untuk turut serta memberikan dukungan demi kemajuan AFP Sulut dan Afkot Manado.

“Kami siap untuk membantu segala kebutuhan Tim Pra PON AFP Sulut. Semuanya demi membangkitkan olahraga futsal di Kota Manado dan di Sulawesi Utara,” tutup Hilman. (RE)