EE Mangindaan Sosialisasi Empat Pilar di SMK 1 Manado

Manado, KomunikaSulut.Com — Wakil Ketua MPR RI, E.E. Mangindaan, menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada siswa-siswa SMK Negeri 1 Manado, Senin (13/2/2018). Kegiatan dipandu langsung oleh Staf Ahli MPR RI, Dr. Melky Kumaat M.Si, sebagai moderator.

“Empat pilar kebangsaan bukan berarti sama rata, sebab yang tertinggi adalah Pancasila, sebagai dasar negara, kemudian ada UUD 45 sebagai dasar konstitusi negara, NKRI dan Bhineka tunggal Ika,” kata Mangindaan, di depan para siswa.

Mangindaan mengungkapkan kebanggaannya karena indeks pendidikan Sulawesi Utara baik dan selalu berada di posisi tiga teratas bersama Bali dan DKI Jakarta.

Dalam materi Mangindaan mengatakan sekarang ini, radikalisme dan terorisme masih saja terjadi di Indonesia, demikian juga dengan kekerasan yang masih tetap ada, itu dikarenakan lemahnya pemahaman agama dan pengabaian kepentingan daerah.

Dia mengatakan, penyebab lainnya adalah munculnya fanatisme daerah berlebuhan sebagai akibat dari otonomi daerah, dimana pemilihan kepala daerah dilaksanakan di daerah, dan masyarakat cenderung memilih orang daerah, dan tidak suka yang dari luar, kemudian kurang berkembangnya pemahaman dan penghargaan atas kebhinekaan dan kemajemukan, padahal itu sudah baik sekarang.

Berikutnya kata Mangindaan, adalah kurangnya keteladanan dalam sikap dan dan perilaku sebagai pemimpin dan tokoh bangsa, juga karena tidak berjalanya penegakkan hukum secara maksimal dan terakhir karena masih terjadinya kesenjangan ekonomi.

Kepala SMK 1 Manado, Moddy Lumintang, menyampaikan terima kasihnya kepada EE Mangindaan, karena mau mengunjungi SMK Negeri 1 dan mau menyosialisasikan tentang pilar kebangsaan.

“Selama menjabat sebagai gubernur Sulawesi Utara, Pak Mangindaan sudah banyak berbuat dan mempedulikan dunia pendidikan, semoga materi ini dapat dilaksanakan para siswa supaya membuat Sulut makin hebat dan dunia pendidikan menjadi makin baik,” katanya. (Dims)