EE Mangindaan Jaring Aspirasi Aktivis Mahasiswa Manado

E.E. Mangindaan berbaur bersama aktivis mahasiswa dalam kegiatan dengar pendapat di rumah kopi Warong Kobong, Manado, Selasa (13/2/2018).

Manado, KomunikaSulut.Com — Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Letnan Jenderal TNI (Purn) Evert Erenst Mangindaan, S.IP, mengadakan kegiatan dengar pendapat bersama aktivis mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado di rumah kopi Warong Kobong, Jl. Pumorow, Kel. Tingkulu, Kec. Wanea, Selasa (13/2/2018).

Dengan bertemakan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintahan, E.E. Mangindaan (sapaan akrab) memaparkannya kepada 126 orang aktivis mahasiswa yang hadir.

“Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis suatu bangsa yang mengundang unsur kemampuan untuk menghadapi dan mengatasi segala ancaman dan gangguan stabilitas, baik dari dalam maupun dari luar yang dapat membahayakan kelangsungan hidup bangsa,” jelas politisi senior Partai Demokrat itu.

“Masyarakat harus mampu menjaga stabilitas politik dan keamanan bangsa. Penguatan nilai-nilai Pancasila dan agama dalam kehidupan bermasyarakat maupun berbangsa harus terus dilakukan. Kita harus menjaga kehidupan sosial budaya kita berdasarkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia serta pemerataan ekonomi yang berkeadilan,” tambahnya.

Selain itu, Presiden Mahasiswa/Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsrat, Combyan Lombongbitung, yang turut mendampingi E.E. Mangindaan selama kegiatan berlangsung, sangat mengapresiasi kesempatan yang telah diberikan Wakil Ketua MPR RI bagi para mahasiswa untuk menyampaikan aspirasi dan uneg-uneg mereka terhadap negara ini.

“Kegiatan dengar pendapat bersama E.E. Mangindaan adalah hal yang sangat baik. Semoga seluruh aspirasi mahasiswa dapat ditampung dan diperjuangkan. Juga kiranya semua kritik, masukan dan saran dapat diterima, melihat situasi negara saat ini sangat membutuhkan peran mahasiswa dalam melakukan kontrol sosial. Agar tercapainya cita-cita bangsa sesuai amanat UUD 1945,” tanggapnya.

“Terima kasih kepada Bapak Mangindaan yang sudah memberi perhatian kepada kami mahasiswa, biarlah kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dan membawa dampak positif bagi bangsa Indonesia secara keseluruhan maupun untuk Sulawesi Utara terlebih khususnya,” tutup 01 mahasiswa Unsrat itu.

Diskusi antara E.E. Mangindaan dan mahasiswa berlangsung interaktif dan responsif hingga akhir kegiatan. Aspirasi mahasiswa tersampaikan dengan merata, yaitu oleh tiga laki-laki dan tiga perempuan. Pun elemen mahasiswa yang hadir terdiri dari perwakilan sejumlah organisasi cipayung dan pers mahasiswa yang ada di Manado, yaitu delegasi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), dan Pers Mahasiswa Acta Diurna Fispol Unsrat.

Rangkaian kegiatan dengar pendapat berakhir dengan baik dan lancar, dimoderatori oleh Dr. Melki Kumaat, M.Si, selaku Staf Ahli MPR RI. (RE)