Kandouw: Semoga Imlek Lebih Menyatukan Warga Sulut

Manado, KomunikaSulut.Com — Acara perpisahan tahun menyambut Hari Raya Imlek 2569 BE dan Cap Go Meh di Klenteng Ban Hin Kiong, Jl. D.I. Panjaitan, Kel. Calaca, Kec. Wenang, Manado, diramaikan ratusan masyarakat Manado dan unsur Pemerinntah Kota Manado serta Pemerintah Provinsi Sulut, Jumat (16/2/2018).

Wakil Gubernur Sulut, Drs. Steven Octavianus Estefanus Kandouw, dalam sambutannya mengharapkan tradisi ini bisa menjadi sarana untuk lebih mempersatukan seluruh masyarakat yang ada di Bumi Nyiur Melambai.

“Tradisi perayaan Imlek ini harus terus terpelihara dengan baik ditengah masayarakat. Sehingga Tahun Baru Imlek tidak hanya dirayakan oleh umat Tionghoa, namun masyarakat Sulut dan Manado secara umum. Untuk itu, tradisi ini harus terus dijaga dan dilestarikan.  Semoga tradisi ini juga bisa lebih mempersatukan masyarakat di Sulut dan mempererat kerukunan,” harapnya.

Selain itu, mewakili sambutan Wali Kota Manado, Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan, S.E, mendukung penuh perayaan Imlek ini. Pun perayaan ini turut serta dalam mendukung program pemerintah dalam menunjan sektor pariwisata Sulut.

“Perayaan Imlek merupakan rangkaian dari Calender of Ivent yang dicanangkan Pemkot dalam mendukung kebijakan Pemerintah Provinsi Sulut d bidang pariwisata. Pemkot Manado pun terus mendukung pengembangan pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara yang digagas Pak Gubernur Olly Dondokambey dan Pak Wakil Gubernur Steven OE Kandouw,” tuturnya.

“Dalam perayaan kali kini, kita harus bersyukur bisa  tinggal di Provinsi Sulawesi Utara khususnya di Kota Manado. Dimana masyarakatnya hidup rukun serta mampu menjaga toleransi antar umat beragama dengan baik,” tutupnya.

Acara perpisahan tahun tersebut turut dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulut, Andrei Angouw, dan Ketua DPRD Kota Manado, Nortje Van Bone, beserta jajaran kepolisian Manado, tokoh masyarakat setempat dan tokoh agama.

Acara berlangsung meriah dan penuh sukacita diwarnai dengan ragam kegiatan seremonial, seperti pertunjukan Barongsai, vocal group, pameran hiasan bernuansa Imlek, pertunjukan kembang api dan berbagai prosesi adat Tionghoa lainnya. (RE)