Benny Parasan Apresiasi PT Air Tetap Eksis Tanpa Dukungan Dana

Manado, KomunikaSulut.com — Legislator Benny Parasan, S.H, M.H, mengapresiasi kinerja PT. Air Manado yang tetap eksis meskipun dalam keterbatasan dan tanpa dukungan dana dari pemegang saham.

“Coba saja bayangkan, sejak 2011 PT PT Waterleiding Maatschappij Drenthe (WMD) Belanda, sebagai salah satu pemegang saham, sudah lepas tangan, sedangkan pemerintah tak bisa menambah anggaran baik lewat APBD dan APBN namun tetap eksis, itu sebuah prestasi,” kata Parasan, Selasa (13/3/2018).

Karena itu, dia mengatakan, harus ada solusi untuk mendukung perusahaan milik daerah tersebut, yang sudah terlanjur join venture dengan PMA, agar tetap hidup karena tujuan utamanya untuk kesejahteraan rakyat Manado dan tentu karyawan yang juga warga kota.

Sementara Direktur Utama PT Air, Otniel Kojansouw, mengatakan, sejak tahun 2011 salah satu pemegang saham yakni PT Waterleiding Maatschappij Drenthe (WMD) Belanda mengabaikan tanggung jawab terhadap perusahaan daerah tersebut.

“Namun kami terus melakukan perbaikan dengan berbagai cara, sehingga tetap berjalan dengan memaksimalkan sumber daya yang ada, walaupun memang hanya bisa bertumpu pada tagihan rekening air masyarakat,’ katanya.

Dia menjelaskan setiap bulannya PT Air mengeluarkan dana sebesar Rp700 juta untuk rekening listrik mengoperasikan mesin air, di instalasi induk, kemudian membayar gaji karyawan.

Dia mengakui sampai saat ini, memang pelayanan air bersih tidak maksimal karena instalasi yang ada, banyak yang rusak dan diperbaiki pelan-pelan, apalagi akibat banjir bandang 2014 semua instalasi utama di Paal Dua, rusak total dan kami harus melakukan perbaikan secara perlahan-lahan, tanpa dukungan dana darimanapun. (Dims)