Ketua DPRD Manado Hadiri Upacara Tawur Kesanga dan Pawai Ogoh-Ogoh

Manado, KomunikaSulut.com — Sehari sebelum Hari Raya Nyepi, umat Hindu di Manado menggelar upacara Tawur Kesanga dan Pawai Ogoh-Ogoh di lapangan Sparta Tikala, Jumat (16/3/2018) pukul 10.00 Wita.

Upacara dipimpin Pinandita, Ketut Dirta, yang mengajak umat sedharma untuk berdoa sama kepada Sang Hyang Widi Wasa, termasuk juga mendoakan Manado, agar selamat dan tentram selalu.

Dalam upacara tersebut, umat diperciki air suci. Setelah itu juga ditempeli dengan beras yang bermakna sebagai benih-benih kehidupan yang baru.

Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, bersama Ketua DPRD Manado, Noortje H Van Bone, mengajak umat Hindu untuk bersama menjaga ketentraman dan ketertiban daerah ini.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh umat Hindu Manado yang sudah mendukung pemerintah kota dalam menjalankan semua program pemerintah.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Manado, Ida Bagus Ketut Alit, mengatakan tawur kesanga dan festival ogoh-ogoh adalah ritual sebelum hari saya Nyepi.

Dia mengatakan, ada banyak makna religius yang terkandung dalam upacara suci tersebut, seperti mengucap syukur pada Tuhan Sang Hyang Widi Wasa, yang sudah memberkati manusia selama setahun. Maka upacara dilaksanakan untuk menyampaikan syukur.

Ketut Alit menyampaikan harapan umat Hindu seperti juga keinginan semua orang agar intoleransi yang marak di beberapa daerah jangan terjadi di Manado dan persatuan serta kesatuan bangsa dalam NKRI tetap terjaga. (Dims)