Unsrat Kampus Pertama di Indonesia Laksanakan e-KKT

Suasana upacara pelepasan KKT-117 Unsrat, oleh Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, selaku Rektor Unsrat. (Foto: Dokumentasi Unsrat)

Manado, komunikasulut.com — Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) jadi kampus pertama di Indonesia yang menggunakan sistem online dalam pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Terpadu (KKT) angkatan 117. KKT-117 Unsrat pun sudah berjalan selama 7 hari di Kota Bitung sejak turun ke lapangan pada Selasa (10/3/2018).

Kepada KomunikaSulut, Sekretaris Tim Kerja KKT-117 Unsrat, Stanley Karouw, S.T, M.Ti, mengonfirmasi hal tersebut.

“Unsrat jadi kampus pertama di Indonesia yang menggunakan metode blended-learning untuk pelaksanaan KKT. Ini sesuai program dari Ibu Rektor, yaitu menuju Unsrat sebagai cyber university dan sesuai visi-misi Pak Menteri Ristekdikti dalam menyongsong era Revolusi Industri 4.0, era e-University,” ungkapnya pada Selasa (17/4/2018).

Stanley juga menjelaskan secara garis besar terkait inovasi Unsrat tersebut.

“Untuk tahun 2018, di bawah arahan Ibu Rektor, pengelolaan KKT Unsrat menggunakan e-Learning, yakni dengan menggunakan aplikasi ekkt.unsrat.ac.id. Aplikasi ini dikembangkan oleh mner Arie Lumentah dan Maikel Kader sebagai adminnya,” jelas beliau.

Manfaat dari penggunaan aplikasi ini, lanjut Stanley, yaitu sebagai repository bahan-bahan pembekalan KKT, sebagai bahan evaluasi laporan-laporan kegiatan KKT dan ujian pembekalan yang kini sudah bisa diakses menggunakan smartphone sehingga tidak lagi menggunakan kertas, sebagai sarana komunikasi DPL (Dosen Pemimbing Lapangan, red) dengan mahasiswa selama berada di lapangan dan sebagai dashboard informasi KKT, yang meliputi laporan-laporan akhir serta karya-karya dari mahasiswa.

Jadi bisa disimpulkan segala aktivitas KKT Unsrat saat ini, input dan outputnya sudah melalui sistem online. Selama ini hanya bentuk print cetak, sekarang akan bisa diakses dalam bentuk softcopy berbasis web.

Tahun 2018 ini KKT Unsrat juga masuk dalam program Revolusi Mental dari Kementrian PMK. Dipastikan kemajuan ini akan dipresentasikan dalam kegiatan tersebut, tandas Stanley.

Senada dengan hal itu, dalam sambutan Rektor Unsrat, Prof. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, pada kegiatan pelepasan KKT-117 beberapa waktu yang lalu, beliau bangga karena Unsrat menjadi kampus pertama di Indonesia yang mengadakan e-KKT.

“e-KKT yang pertama dilaksanakan di seluruh Indonesia adalah Universitas Sam Ratulangi. Jadi mahasiswa KKT-117 patut berbangga dengan kalian yang menjadi pertama. Sebagai mahasiswa, hal seperti ini patut dibanggakan. Mahasiswa KKT 117 ini harus membawa semangat, membawa spirit dan harus optimis begitu turun ke lapangan,” pungkas orang nomor 1 di Unsrat itu.

“Sebanyak 457 peserta yang akan turun ke lapangan, kalian adalah mahasiswa Unsrat. Tunjukkan di lapangan untuk tampil beda dan punya semangat bahwa kalian bisa. Kiranya mahasiswa KKT yang turun ke lapangan tetap menjaga nama baik Unsrat dan punya kewibaan sendiri, serta jangan permalukan Universitas Sam Ratulangi yang kita cintai ini,” tutup Prof. Kumaat.

Berdasarkan informasi dari panitia, 457 peserta KKT-117 Unsrat terbagi dalam 37 posko yang berlokasi di 37 kelurahan dan terhimpun dalam 4 kecamatan yang ada di Kota Bitung. Di antaranya sebagai berikut:

  • Kecamatan Aertembaga: Kelurahan Aertembaga 1, Aertembaga 1, Tandurusa, Winenet 1, Winenet 2, Pinagunian, Pateten 1, Pateten 2, Kasawari dan Makawidey;
  • Kecamatan Maesa: Kelurahan Pakadooden, Bitung Barat 1, Bitung Barat 2, Bitung Tengah, Bitung Timur, Pateten 3, Kakenturan 1 dan Kakenturan 2;
  • Kecamatan Madidir: Kelurahan Wangurer Barat, Wangurer Utara, Wangurer Timur, Paceda, Madidir Unet, Madidir Ure, Madidir Weru dan Kadoodan;
  • Kecamatan Ranowulu: Kelurahan Pinokalan, Danowudu, Tewaan, Batu Putih Bawah, Batu Putih Atas, Dua Saudarah, Pinasungkulan, Apela Dua, Apela Satu, Kumeresot dan Karondoran;

Selain itu, terdapat 8 orang dosen pengawas lapangan dan 17 orang dosen pembimbing lapangan yang proaktif untuk mengawal secara langsung setiap tahapan KKT-117 Unsrat di lokasi mahasiswa melakukan kegiatan.

Keterangan selengkapnya tentang aplikasi e-KKT, informasi KKT-117 dan Unsrat, bisa diakses di laman berikut:
http://ekkt.unsrat.ac.id/
https://www.unsrat.ac.id/

(RE)