Olly Kunker di Kotamobagu, Evaluasi Kinerja Pemerintahan

Kotamobagu, komunikasulut.com — Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, S.E dan Sekertaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen, S.E, M.S, beserta jajaran Pemprov Sulut melakukan kunjungan kerja di Kotamobagu, Kamis (3/5/2018). Bertempat di Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu, Olly memberikan arahan kepada segenap stakeholder pemerintah yang hadir.

“Roda pemerintahan saat ini harus berjalan profesional dan para birokratnya harus loyal kepada pimpinan, serta tetap menjaga integritas. Ciptakan pelayanan prima bagi masyarakat agar terselenggara pemerintahan yang baik,” tegas Gubernur.

Pemerintah Kotamobagu yang telah meraih sejumlah penghargaan krusial pada tahun 2017, mendapat respon baik dari orang nomor 1 di Bumi Nyiur Melambai itu.

“Penghargaan yang diterima pemerintah provinsi itu, pada dasarnya penilaiannya dari kabupaten kota. Jadi apa yang kami terima semua pekerjaan dari para birokrat. Inilah yang sangat saya mengharapkan, kita bersyukur, regulasi-regulasi yang dibuat oleh pemerintah provinsi bisa dilaksanakan secara nyata di kabupaten kota sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Sulut,” ungkapnya.

Salah satu contoh, lanjut Olly, Pemprov Sulut mendapatkan penghargaan karena bisa menjaga pertumbuhan ekonomi kita diatas rata-rata nasional dan bisa menurunkan angka kemiskinan di Sulut dalam periode dua tahun terakhir,” jelas Gubernur.

Kedepannya sinergitas antara pemerintah kabupaten kota dan provinsi sangat penting agar roda pemerintahan dan pembangunan berjalan searah. Semua program prioritas pembangunan pemerintah pusat dapat tersinkron dengan baik juga, tutup Olly.

Beberapa penghargaan yang diraih Kotamobagu pada tahun 2017, diantaranya adalah kota sehat tahun 2017 dari Swastisaba Padapa, pengelola kepegawaian terbaik dari BKN Award, indeks pengelolaan keuangan terbaik dari UGM, kota peduli HAM dari Kemenhunkam RI, Adipura Buana, Kepegawaian Award Sulut, pengelola DAK terbaik se-Sulut, kota yang efektif dalam pengawasan obat dan makanan dari BPOM Sulut, pemerintah daerah yang berkomitmen dalam penerimaan pajak dari Dirjen Pajak dan BPJS Award.

Selain itu, Sekprov Sulut, Edwin Silangen, S.E, M.S, menyempatkan diri untuk melakukan inspeksi mendadak di beberapa Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kotamobagu, diantaranya Samsat Kotamobagu, Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Unit I Tuodan Wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Bolaang Mongondow Utara.

Hasil sidak pun mendapat apresiasi dari Silangen. Kinerja UPTD yang dikunjungi dinilai masih baik, namun Silangen memperingatkan para ASN tidak cepat merasa puas dan harus terus memberikan etos kerja yang maksimal. (RE)