KKT-117 Unsrat Sukses digelar, Bitung Menuju Kota Cerdas

Foto bersama Wakil Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri dan jajaran, bersama seluruh panitia KKT-117 Unsrat usai kegiatan penarikan.

Bitung, komunikasulut.com — Kegiatan Kuliah Kerja Terpadu (KKT) angkatan 117 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado resmi ditutup, Kamis (3/5/2018). Hal ini ditandai dengan acara penarikan seluruh peserta KKT-117 yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Walikota Bitung.

Kepada KomunikaSulut, Koordinator Pusat Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata Terpadu (P3KKNT) Unsrat, Dr. Ir. Rignolda Djamaluddin, M.Sc, mengungkapkan antusiasmenya terhadap hasil dari KKT-117.

“Kita berhasil mewujudkan ambisi kita, yaitu menghadirkan dashboard Simkel Bitung Kota Cerdas secara online untuk 37 kelurahan di 4 kecamatan. Ini menjadi spirit bagi kita untuk nanti menyelesaikan beberapa kelurahan di Lembeh pada bulan Juli 2018. Sehingga dashboard Simkel Bitung Kota Cerdas bisa terwuju secara utuh dan ini bisa jadi terobosan kota pertama di Indonesia dengan Simkel online,” ungkapnya.

“Unsrat berterima kasih kepada Pemkot Bitung dan seluruh warga Kota Bitung yang telah memberi kesempatan dan mendukung proses belajar mahasiswa Unsrat di tengah masyarakat,” tambah beliau.

Selain itu, Sekertaris Tim Kerja KKT-117 Unsrat, Stanley Karouw, S.T, M.Ti, memberikan apresiasinya terhadap kinerja mahasiswa KKT-117 yang telah berhasil mengimplementasikan program Simkel di 37 kelurahan dan 4 kecamatan di Kota Bitung.

“Banyak selamat saya ucapkan kepada mahasiswa peserta KKT 117 Unsrat, kinerja mereka sangat baik. KKT 117 berhasil menghasilkan produk teknologi tepat guna, yakni dashboard Simkel Bitung Kota Cerdas. Produk hasil KKT 117 Unsrat ini dapat membantu Pemkot Bitung untuk mewujudkan visi Bitung Kota Cerdas dengan memperkuat pelayanan publik di level kelurahan,” tuturnya.

“Sesuai roadmap implementasi Simkel Kota Bitung, pada KKT 118 selanjutnya akan mengcover dua kecamatan tersisa yang ada di Pulau Lembeh (Kecamatan Lembeh Selatan dan Utara). Platform dashboardnya sendiri sudah dibuat, tinggal diisi data-datanya oleh mahasiswa peserta KKT 118. Mudah-mudahan di bulan Juli sampai Agustus 2018 akan selesai dikerjakan,” tambahnya.

Tidak lupa juga Stanley berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya KKT-117 Unsrat hingga berakhir dengan sukses, di antaranya adalah Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, Ketua LPPM Unsrat, Prof. Dr. Inneke Rumengan, M.Sc, Koordinator P3KKNT Unsrat, Dr. Ir. Rignolda Djamaluddin, M.Sc, panitia pelaksana, DPL dan Tim IT yang telah terjun langsung menyelesaikan banyak masalah maupun dukungan troubleshooting hingga memberikan pelatihan dan pengembangan coding Dashboard Simkel Bitung Kota Cerdas; Arie Lumenta, S.T, M.T, Yaulie Rindengan, S.T, M.Sc, Michael Kader, S.T, Bimafentura Tambotto, Imanuel Palandi, Cindy Sagai, Deby Ngantung, Tita Wowor dan Harly Tambuwun.

Kegiatan penarikan KKT-117 Unsrat dihadiri Wakil Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri dan jajaran. Penyerahan kembali bendera KKT dari Pemkot Bitung kepada pihak Unsrat menjadi simbol berakhirnya rangkaian kegiatan KKT-117 di “Kota Cakalang” itu. (RE)