Penentuan Akhir Rektor Unsrat Periode 2018-2022 dimulai Esok

Tiga kandidat Rektor Unsrat yang akan mengikuti tahapan terakhir pilrek: Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA (Rektor Unsrat/Petahana), Prof. Dr. Telly Sumbu, M.H (Ex-Dekan Fakultas Hukum Unsrat) dan Prof. Dody Sumajouw, M.Eng, Ph.D (Ex-Wakil Rektor 4 Unsrat).

Tiga Kandidat Rektor Unsrat Akan Perebutkan Suara Senat dan Menristekdikti

Manado, komunikasulut.com — Tahapan pemilihan Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) telah berada pada sesi terakhir. Hal ini berdasarkan surat nomor 26/UN12/SU/VI/2018 tentang Undangan Rapat Senat Tertutup Pemilihan Rektor Unsrat Periode 2018-2022 dan surat nomor 2375/A.A2/KP/2018 tentang kebersediaan Menristekdikti/pejabat yang diberi kuasa menteri untuk menghadiri prosesi pilrek pada Kamis (7/6/2018).

Kepada KomunikaSulut, Ketua Senat Unsrat, Prof. Dr. Ir. Janny Kusen, M.Sc, mengonfirmasi jadwal pelaksanaan tahapan akhir pilrek tersebut.

“Sudah resmi tahapan akhir. Ya lagi persiapan kertas suara B.A..,” ujar Prof. Janny.

Saat ditanya soal peran suara Menristekdikti (35 persen dari total anggota Senat Unsrat) dan bagaimana mekanisme penerapannya dalam pilrek Unsrat, Prof. Janny menyatakan bahwa hal itu sepenuhnya kewenangan menteri untuk digunakan sesuai keinginannya.

“Tergantung maunya menteri,” tandas beliau.

Diketahui, tiga nama kandidat Rektor Unsrat yang akan bersaing besok, yaitu Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, Prof. Dr. Telly Sumbu, M.H dan Prof. Dody Sumajouw, M.Eng, Ph.D. Ketiga kandidat tersebut akan memperebutkan suara 75 anggota senat dan suara menteri.

Pada tahapan pilrek sebelumnya –tahapan penilaian dan pemilihan 3 nama kandidat rektor dalam rapat tertutup Senat Unsrat– Prof. Ellen memperoleh 38 suara, Prof. Telly memperoleh 18 suara dan Prof. Dody memperoleh 7 suara.

Rapat senat tertutup pilrek Unsrat periode 2018-2022 akan dilaksanakan pukul 12.00 WITA di Ruang  Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unsrat. (RE)