Sulut Sukses Jadi Tuan Rumah Harganas XXV

Menko PMK, Puan Maharani, saat memberikan sambutan di acara puncak Harganas XXV. (Foto Humas Pemprov Sulut)

Manado, komunikasulut.com — Acara puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXV sukses digelar di Sulawesi Utara, Manado, yang berlangsung pada Jumat (6/7/2018) hingga Sabtu (7/7/2018). Sejumlah pejabat pemerintah dan tamu undangan se-Nusantara ikut meramaikan perhelatan nasional ini.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, yang singgah dalam kegiatan ini turut mengapresiasi penyelenggaraan Harganas XXV di Bumi Nyiur Melambai.

“Saya menyampaikan terima kasih banyak kepada Gubenur Sulawesi Utara dan Walikota Manado yang telah bekerja keras sehingga pelaksanaan Hari Keluarga Nasional ke-25 di Kota Manado bisa berjalan dengan baik, lancar dan meriah,” ungkapnya.

“Kegiatan ini bukan hanya acara seremonial yang kemudian merenggangkan atau tidak membuat kehangatan silaturahmi di antara kita. Dan saya rasa Harganas di Kota Manado ini sangat fenomenal karena dilaksanakan di dalam ruangan namun di alam terbuka dengan pemandangan luar biasa yang spektakuler dan indah,” jelas beliau.

“Keluarga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari diri kita karena seluruh cinta dan kasih sayang yang kita miliki berasal dari keluarga. Oleh karena itu sangat penting untuk meningkatkan kegiatan interaksi di lingkungan keluarga sehingga hubungan di antara anak dan orangtua bisa semakin erat,” tambah Puan.

Delam pagelaran tersebut, Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E, juga mengimbau segenap masyarakat Nyiur Melambai untuk menciptakan keluarga yang ideal sehingga bisa menjadi patron dalam kehidupan yang rukun dan damai.

“Saya mengajak bapak ibu untuk membentuk keluarga yang harmonis, jauh dari tindak kekerasan dalam rumah tangga serta keluarga yang produktif, sehat dan ceria. Lebih dari itu, saya mengajak bapak ibu hadirin sekalian untuk senantiasa tampil sebagai pelopor kehidupan yang rukun dan damai di Bumi Pertiwi serta senantiasa tampil sebagai mitra aktif dan terandalkan pemerintah,” imbaunya.

“Sekitar 13 ribu orang datang ke Sulut untuk mengikuti Harganas. Pertemuan ini adalah silaturahmi nasional. Pilkada serentak belum lama selesai dan dalam acara Harganas ini kita semua dapat berkumpul di Sulut,” tutupnya.

Selain itu, Walikota Manado, Dr. Ir. G.S. Vicky Lumentut, S.H, M.Si, DEA, berterima atas kerja sama pemerintah pusat dalam mendukung dan menyukseskan kegiatan Harganas XXV.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado tentunya berterima kasih kepada pemerintah pusat, Pak Presiden Joko Widodo, melalui Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Ibu Puan Maharani, yang telah berkenan hadir serta memberikan banyak masukan bagi peningkatan hidup keluarga yang merupakan bagian terkecil dari bangsa Indonesia,” tandasnya.

Peringatan Harganas XXV di Manado dihadiri Menko PMK, Puan Maharani, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Prof. Dr. Yohana Susana Yembise, Dip.Apling, M.A; Plt. Kepala BKKBN, dr. Sigit Priohutomo, MPH; Ketua TP PKK Pusat, dr. Erni Guntarti; Wakil Ketua TP PKK, dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos; Gubernur Utara, Olly Dondokambey, S.E; Ketua TP PKK Sulut, Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan; segenap 120 orang penerima penghargaan dan tanda kehormatan se-Indonesia (Gubernur, Walikota, Bupati dan individu berprestasi); jajaran Forkompimda Sulut; remaja generasi berencana; jajaran BKKBD se-Indonesia; masyarakat Sulut dan awak media.

Rangkaian kegiatan dalam acara puncak Harganas XXV adalah sebagai berikut:

Jumat (6/7/2018): Flashmob, Taman keluarga, Gelar dagang dan pameran, Aksi Genrevolution Berteman, Temu Prestasi Program KKBPK, Penyerahan 120 penghargaan (Satyalancana Pembangunan, Satyalancana Wira Karya, Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana, Cipta Karya Kencana) kepada sejumlah pejabat pemerintahan di Nusantara (Gubernur, Walikota, Bupati, TP PKK NTB, Muslimat NW NTB, Profesi dan Mitra Kerja) yang dianggap berdedikasi dan bertanggung jawab oleh BKKBN; BKKBN Idol, Bakti Sosial DW BKKBN, Jambore Keluarga Indonesia (JKI), Temu Kader IMP dan PLKB.

Sabtu (7/7/2018): Taman keluarga, Sepeda tandem dan olahraga, Sarapan bubur manado bersama 2000 orang, Gelar dagang dan pameran serta Nikah masal. (RE)