Mahasiswa KKT-118 Posko Sapa Ikut Andil Canangkan Sejarah Desa

Seminar tentang sejarah dan hari lahir Desa Sapa dengan melibatkan perangkat desa, tokoh sejarah, serta mahasiswa KKT-118 Unsrat Posko Desa Sapa Timur dan Desa Sapa Barat.

Minahasa Selatan, komunikasulut.com — Mahasiswa Kuliah Kerja Terpadu (KKT) angkatan 118 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Posko Desa Sapa mengadakan seminar tentang sejarah dan hari lahir Desa Sapa. Kegiatan berlangsung di rumah Kepala Desa Sapa, Kecamatan Tenga, Minsel, Sabtu (21/7/2018).

Koordinator Posko Desa Sapa KKT-118 Unsrat, I Wayan Sukadarmita, mengungkapkan antusiasmenya karena bisa dilibatkan dalam momentum penting tersebut.

“Saya sangat senang sekali karena mahasiswa KKT 118 Unsrat bisa ikut andil dalam kegiatan ini. Para aparat desa pun antusias karena adanya mahasiswa KKT 118 bisa mengingatkan kembali akan ulang tahun desa ini,” ungkapnya.

Setelah disahkannya hari lahir dari Desa Sapa, lanjut Wayan, kiranya masyarakat desa tidak melupakan sejarah tersebut. Karena itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat desa.

Terima kasih kepada teman-teman posko Desa Sapa, Desa Sapa Timur dan Desa Sapa Barat yang telah meluangkan waktunya untuk bekerja sama menyukseskan kegiatan ini. Dan bagi seluruh teman-teman KKT 118 Unsrat yang sementara berkegiatan, semoga tetap semangat serta tetap fokus untuk melakukan yang terbaik di desa masing-masing. Karena 23 hari bukanlah waktu yang lama bagi seorang mahasiswa, tandas Wayan.

Dalam kegiatan tersebut, para tokoh sejarah di masyarakat/tua-tua kampung yang dianggap tahu tentang latar belakang berdirinya Desa Sapa menjadi narasumber dalam pembahasan kali ini; Syamsudin Damohpolii (Tua-tua Sapa Timur) dan Manuel Tahupiah (Tua-tua Sapa Barat).

Hasil seminar menetapkan bahwa hari lahir Desa Sapa jatuh pada tanggal 1 Juni 1925. Pada awalnya Desa Sapa, Desa Sapa Timur dan Desa Sapa Barat, terhimpun dalam Desa Sapa Raya –hingga pada akhirnya terjadi pemekaran pada tahun 2008.

Setelah mendapatkan kesimpulan dari poin-poin pembahasan seminar, Kepala Desa Sapa, Rita J.J. Pangkey, melakukan ketuk palu sebagai tanda disahkannya keputusan yang diperoleh mengenai sejarah dan hari lahir Desa Sapa. Keputusan dituangkan dalam berita acara dan ditandatangani secara resmi oleh pihak yang berkewenangan.

Mahasiswa KKT-118 Posko Desa Sapa Timur dan Desa Sapa Barat turut hadir dan berkontribusi dalam momentum penting itu. (RE)