Manado Jadi Lokasi Pemecahan Rekor MURI Penyelaman Wanita Terbanyak

WASI gelar jumpa pers bersama awak media di Manado.

Manado, komunikasulut.com — Organisasi Wanita Selam Indonesa (WASI) akan mengadakan iven besar di Manado pada tanggal 11 Agustus 2018, yaitu pemecahan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) untuk kategori penyelaman wanita terbanyak  dan pembentangan bendera terpanjang di laut Indonesia.

Kepada awak media, Ketua WASI, Tri Tito Karnavian, memaparkan persentase persiapan kegiatan hingga saat ini.

“Kesiapan kami sampai saat ini baik dari persiapan darat dan persiapan laut secara teknis sudah mencapai 80 %,” tutur Ketua Umum Bhayangkari ini dalam jumpa pers Restoran Wahaha, Kawasan Mega Mas, Manado, Sabtu (21/7/2018).

“Peserta akan dibagi dalam 21 kelompok, dimana masing-masing kelompok berjumlah kurang lebih 40 orang. Setiap regu akan dikoordinir oleh seorang koordinator dan dibantu oleh 10 orang safety diver,” tambahnya.

Diketahui, pemecahan rekor MURI tersebut akan digelar di pantai yang terletak di depan Kawasan Mega Mas Manado dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73 tahun. Sebanyak 908 penyelam wanita diagendakan terlibat dalam iven ini.

Dalam iven tersebut, panitia kegiatan juga akan menyediakan hiburan bagi masyarakat, seperti live musik oleh artis nasional dan lokal, program car free day dan olah raga bersama.

Sebelumnya, rekor MURI untuk penyelam wanita terbanyak dan pembentangan bendera terpanjang di laut Indonesia sudah pernah dilakukan oleh 214 penyelam wanita dari kelompok Dive Kartini Pramuka Saka Bahari Lantamal V yang tergabung dalam TNI AL. Iven digelar di Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, pada tanggal 21 April 2018 dalam rangka memperingati Hari Kartini. (RE)