Kaum Intelektual Asia Kumpul di Sulut

Minahasa Utara, komunikasulut.com — Delegasi mahasiswa dan siswa dari 24 negara di Asia berkontribusi dalam iven pendidikan internasional bertajuk Asean Science Camp (ASC) 2018 di Maumbi, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minut, Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan akan berlangsung pada tanggal 3-9 Agustus 2018 dan terpusat di Hotel Sutan Raja, Maumbi.

Forum tahunan para mahasiswa dan siswa se-Asia ini bertujuan untuk mempromosikan, mendiskusikan serta menjalin kerjasama antara institusi masing-masing negara dalam rangka memajukan kualitas ilmu pengetahuan di kawasan Asia. Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E, secara resmi membuka kegiatan internasional ini.

Dalam sambutan Gubernur Sulut, beliau sangat mengapresiasi kesempatan yang diberikan kepada Sulut untuk menjadi tuan rumah kegiatan internasional para kaum intelektual tersebut.

“Pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara sangat berbangga serta menyambut dengan gembira atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan ASC ini. Hal ini dikarenakan kegiatan ini bertujuan untuk mencerahkan para pemuda yang berbakat sains dengan berdikusi dan berdialog bersama para top scholars di dunia. Kegiatan ini pun dapat mempromosikan persahabatan dan kerjasama internasional diantara siswa muda dan mahasiswa terbaik generasi berikutnya di Asia,” ungkap Olly.

“Kiranya kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai suatu kesempatan untuk saling berbagi informasi dan menghasilkan rekomendasi yang dapat memperkuat nilai-nilai persahabatan yang kuat, solidaritas, cinta kasih, cinta lingkungan, cinta pada masa depan dan kesadaran bahwa kita semua adalah ciptaan Tuhan,” tambah orang nomor 1 di Sulut itu.

Diketahui, ASC pertama kali diadakan di Taipei (2007), kemudian Bali (2008); Tsukuba, Jepang (2009); Mumbai, India(2010); Daejeon, Korea Selatan (2011); Universitas Ibrani Yerusalem, Israel (2012); Tsukuba, Jepang (2013); Nanyang, Singapura (2014); Bangkok, Thailand (2015); India (2016); Universiti Tunku Abdul Rahman Kampar, Malaysia (2017)  dan Sulut, Indonesia menjadi tuan rumah ke sebelas dalam pelaksanaan ASC tahun 2018.

ASC menghadirkan selusin pemenang Nobel dan ilmuwan terkemuka dunia sebagai pembicara. Beragam agenda dan program kegiatan menarik telah dirancangkan, seperti halnya sesi pleno, diskusi meja bundar, dialog master siswa, kompetisi poster kreatif, acara sosial dan kunjungan.

ASC 2018 di Sulut turut di hadiri Pimpinan Surya Institute, Prof. Yohanes Surya, Ph.D; Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E; Sekretaris Daerah Provinsi Sulut, Edwin Silangen, S.E, M.S, dan Kadis Pendidikan Provinsi Sulut, dr. Grace Punuh. (RE)