Pemecahan Rekor Dunia Tarian Poco-Poco di Manado Spektakuler

Formasi tarian poco-poco masyarakat Manado dari citra drone. (Foto Humas Protokol Cerdas Manado)

Manado, komunikasulut.com — Iven internasional pemecahan rekor dunia Guinness World Records kategori The Largest Poco-Poco Dance 2018 berlangsung spektakuler di Jakarta-Palembang-Manado, Minggu (5/8/2018).

Tak ubahnya dengan kedua kota lainnya, penyelenggaraan kegiatan di Manado tidak kalah meriah. Ribuan masyarakat dari ragam elemen di Nyiur Melambai, terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara, TNI, Polri, organisasi kemasyarakatan serta siswa-siswa yang ada di Manado ikut serta menyukseskan pagelaran akbar ini.

Walikota Manado, Dr. Ir. Vicky Lumentut, S.H, M.Si, DEA, telah membuktikan sinergitas dan kontribusinya kepada pihak pemerintah pusat dengan berhasil melaksanakan kegiatan ini di Ibukota Bumi Nyiur Melambai tersebut.

“Sebagai senam yang berasal dari Manado, kita tentunya mendukung penuh upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia untuk mengangkat kembali budaya kita lewat senam Poco-Poco. Pemerintah bersama masyarakat Kota Manado pasti mendukung penuh pelestarian senam Poco-Poco lewat pemecahan rekor dunia Guinness World Records ini,” jelas beliau.

Selanjutnya Vicky menyatakan bahwa Pemkot Manado siap mendukung berbagai program maupun kegiatan-kegiatan di tingkatan nasional hingga internasional yang akan segera dilaksanakan di Indonesia –Asean Games 2018 di Jakarta dan Palembang misalnya.

“Kita mendukung terlaksananya Asean Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang. Kita dukung atlit-atlit Indonesia dalam meraih prestasi diajang olahraga negara-negara Asia,” tandas Vicky.

Seperti halnya Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Wakil Presiden Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla beserta jajaran kabinetnya yang turut serta mengikuti kegiatan pemecahan rekor dunia tarian poco-poco di Lapangan Silang Monas, Jakarta, tersebut,  Walikota Vicky dan jajaran Pemkot Manado pun ikut bergabung bersama masyarakat untuk menyelesaikan kegiatan ini sampai akhir.

Kegiatan pemecahan rekor dunia Guinness World Records kategori The Largest Poco-Poco Dance 2018 berlangsung di areal Pohon Kasih Kawasan Mega Mas Manado.

Diketahui, kegiatan ini merupakan inisiasi dari Ibu Negara Iriana Joko Widodo selaku Pembina OASE Kabinet Kerja dan dipelopori oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia (FOKBI) dengan konsep kegiatan yang akan melibatkan 65.000 peserta poco-poco dari Jakarta-Palembang-Manado; terdiri dari 3000 orang instruktur poco-poco, 27.000 pelajar SMA, 3.000 guru olahraga, 1.500 mahasiswa, 10.000 TNI, 5.000 Polri, pihak kementerian dan lembaga, organisasi olahraga, sanggar senam, bahkan sampai ke tingkat kecamatan dan RT/RW.

Kegiatan pemecahan rekor dunia Guinness World Records kategori The Largest Poco-Poco Dance 2018 dimulai pukul 06.46 WIB, ditandai dengan penekanan tombol sirine secara bersama-sama oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani dan Menteri Kesehatan, Nila Moeloek. (RE)