Unsrat Wakili Sulut Gelar Harmoni Indonesia

Formasi merah putih yang dibentuk oleh peserta Harmoni Indonesia di Unsrat. (Foto Universitas Sam Ratulangi Manado)

Manado, komunikasulut.com — Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan nasional bertajuk Harmoni Indonesia di Sulawesi Utara, Minggu (5/8/2018).

Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, mengungkapkan rasa antusiasmenya karena Unsrat terpilih menjadi salah satu dari 34 perguruan tinggi di  seluruh Indonesia untuk menjadi tuan rumah dalam melaksanakan pagelaran akbar ini.

“Suatu kehormatan tentunya bagi saya pribadi dan civitas akademika Unsrat dapat berkesempatan menjadi tuan rumah dalam pagelaran acara ini. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bari masyarakat, terutama dalam memupuk jiwa kebersamaan dan persatuandalam Negara Republik Indonesia yang kita cintai,” ungkap Rektor Unsrat.

Pada sesi jumpa pers antara Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohammad Nazir, Ph.D, Ak, bersama awak media di Kemenristekdikti, Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2018), beliau menyatakan bahwa terdapat tiga tujuan sebagai dasal pelaksanaan kegiatan nasional ini: untuk merajut kebangsaan, memperkokoh kebangsaan dan menyukseskan Asian Games 2018.

Harmoni Indonesia sendiri merupakan pagelaran yang di gagas oleh pemerintah RI dalam rangka menyambut pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018. Pun Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berkewenangan sebagai panitia penyelenggara kegiatan ini.

Rangkaian kegiatan di Unsrat terdiri dari Tarian Maengket, Tarian Kabasaran, Atraksi Musik Kolintang oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unsrat dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsrat.

Semarak kegiatan dilanjutkan dengan siaran langsung pelaksanaan Harmoni Indonesia dari Jakarta, bersama Presiden RI ketujuh, Ir. H. Joko Widodo, melalui dua layar monitor yang dipasang dikedua sisi lapangan Unsrat. Lagu-lagu kebangsaan pun dinyanyikan secara serentak oleh peserta kegiatan yang ada di seluruh Indonesia: Indonesia Raya, Padamu Negeri dan Satu Nusa Satu Bangsa. Dalam kesempatan itu, Rektor Unsrat juga menyisipkan sebuah puisi yang berjudul “Selamat Pagi Indonesia” di sela-sela lantunan lagu kebangsaan Indonesia

Harmoni Indonesia turut diselenggarakan serentak di delapan kota yang ada di sejumlah negara di Asia.

Turut hadir dalam kegiatan Harmoni Indonesia di Unsrat, yaitu ribuan mahasiswa dan siswa dari ragam instansi pendidikan di Sulut, delegasi TNI, Polri, BPOM Sulut, Dinas Kebudayaan Sulut dan ragam instansi lainnya. (RE)