Pemerintah Anggarkan 4 T untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi Sulteng

Ketua Komisi VIII DPR RI, Dr. M. Ali Taher Parasong, M.Hum. (Foto Istimewa)

Palu, KOMUNIKASULUT.COM — Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar 4 triliun rupiah untuk masa rehabilitasi dan rekonstruksi bagi para korban bencana alam di Sulawesi Tengah.

Kepada awak media, Ketua Komisi VIII DPR RI, Dr. M. Ali Taher Parasong, M.Hum, memaparkan hal tersebut.

“Untuk tahun ini ada dana siap pakai Rp 4 triliun dan untuk tahun 2019 akan kita naikkan menjadi Rp 6,5 triliun,” ujar Ali saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VIII DPR RI ke Kantor Dinas Sosial Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10/2018).

Legislator dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengungkapkan bahwa DPR RI terus mengupayakan agar segala bantuan bagi korban bencana tersalurkan dengan secepatnya.

“Kalau kita lihat kerusakannya luar biasa. Karenanya DPR RI merasa perlu sungguh-sungguh mendengarkan aspirasi masyarakat Sulteng, terutama Palu, Donggala dan Sigi,” jelas Ali.

“Ini perlu diteliti kembali, kemudian kita akan bicara dengan Kementeriaan Sosial dan BNPB. Insya Allah akan ada upaya yang lebih cepat,” ucap legislator dapil Banten itu.

Ali menambahkan, hal pertama yang harus dilakukan dalam situasi saat ini adalah emergency response; terus mengirimkan bantuan sampai 14 hari ke depan karena masih banyak korban yang belum ditemukan dan dievakuasi.

Bersama 16 Anggota Dewan lainnya, Ali mendatangi tenda tempat penyembuhan trauma milik Kementerian Sosial di Dinas Sosial Provinsi Sulteng dan beberapa lokasi terdampak bencana paling parah di Palu; meninjau IAIN Palu serta menemui Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. (RE)