DPRD Manado Paripurnakan Penetapan Propemperda 2018

Manado, (komunikasulut.com) – Rabu siang, DPRD Manado bersama pemerintah kota (Pemkot), menggelar paripurna untuk menetapkan revisi program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) 2018, dipimpin Ketua Noortje Henny Van Bone, dihadiri anggota DPRD dan para pejabat di lingkungan pemerintah.

Van Bone mengatakan, penetapan revisi Propemperda dilakukan setelah DPRD bersama pemerintah melakukan pembahasan kemudian menggelar paripurna pada Rabu siang.

Sementara itu, ketua Badan Pembentuk Perda DPRD Manado, Hengky Kawalo, mengatakan, Propemperda ditetapkan setelah melalui sejumlah tahapan, sampai ditetapkan dalam paripurna.

“Sebelum menetapkan revisi Propemperda, kami sudah melakukan rapat bahkan sidang sebelumnya sampai akhirnya mencapai kesepakatan dalam rapat paripurna,” kata Hengky Kawalo.

Dia mengatakan, rancangan peraturan daerah yang ditetapkan dalam paripurna tersebut, secara keseluruhan berjumlah 13 buah, yang merupakan inisiatif DPRD dan usulan pemerintah kota.

“Ranperda usulan pemerintah kota berjumlah enam buah yang merupakan perubahan dan penggantian aturan sebelumnya, sedangkan inisiatif DPRD ada tujuh, dan semuanya baru,” katanya.

Ranperda inisitiaf DPRD adalah, nama jalan di Kota Manado, pengaturan lalu lintas angkutan jalan di Manado, pedoman pendapatan dan pembinaan pasar tradisional dan moderan.

“Kemudian pencegahan dan pengendalian demam berdarah dengue di Manado, tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan, pedoman penyerahan sarana dan prasarana, utilitas perumahan dan pemukiman, serta perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan,” katanya.

Sedangkan usulan pemerintah, kata Hengky adalah perubahan tentang Perda 2/2016 tentang pembentukan dan susunan organisasi perangkat daerah Manado, ketertiban umum di Kota Manado, perubahan Perda 2/2011 tentang pajak daerah, pengelolaan persampahan, revisi RPJMD 2016-2021, revisi RTRW Manado 2017-2037.

Diapun minta agar pemerintah ikut serius membahas, dan jangan lagi ada kendala dan terkesan tidak serius, karena masalah penganggaran maupun naskah akademik,

Wali Kota Manado, Vicky Lumentut yang hadir menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada DPRD atas kesediaannya, menetapkan revisi Propemperda.

Dia juga langsung mengingatkan perangkat daerah untuk selalu hadir dalam pembahasan bersama DPRD serta menganggarkan dana untuk pembahasan agar dapat diselesaikan tepat waktu.(dims)