BNPT Latih Duta Damai Dunia Maya Sulawesi Utara

Duta damai dunia maya Sulawesi Utara yang baru dilantik. (Dims)

Manado, (Komunikasulut.com) – BNPT melakukan pelatihan duta damai dunia maya di mercure hotel, 12-15 November, bersama duta damai, penyanyi Kikan kemudian melantik para duta damai tersebut.

“Kegiatan pelatihan dan pelantikan duta damai dunia maya di Manado Sulawesi Utara, dilaksanakan dalam rangka mencegah radaklisme dan terorisme di Indonesia, dan sasarannya adalah siapa saja, yang memiliki kemampun IT dan biasa bermain di media sosial, agar bisa menyampaikan pesan damai lewat dunia maya,” kata Deputi I BNPT, Mayjen Henry Lubis,

Pelatihan dan pelantikan di Sulawesi Utara adalah yang ke-13 dan akan berhenti karena kedepannya BNPT mau go internasional ke Asia, Afrika dan belahan dunia lainnya, dimana sebelumnya BNPT pihaknya sudah melatih dan membentuk duta damai di 12 provinsi di Indonesia pada 2016 sampai 2017, yakni di Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

pelantikan para duta damai dunia maya. (dims)

Lubis juga mengatakan, Presiden Joko Widodo, selalu mengatakan, bahwa salah satu ancaman nyata di depan mata adalah intoleransi yang kalau dibiarkan akan menjadi redakalisme dan terorisme, dan bisa menjadi seperti Siria, maka harus terus dicegah.
Sementara Kasubdit Kontra Propaganda BNPT Kolonel Pas. Drs. Sujatmiko saat memberikan laporan kegiatan pada penutupan Pelatihan, mengatakan, duta damai dunia maya dibentuk sejak 2016 dan berhasil membentuk 60 kelompok dengan 720 personil.
Dia mengatakan, perubahan pola dan dinamika terorisme yang menjadikan dunia maya sebagai sarana propaganda, indoktrinasi, dan rekrutmen membuat dunia maya semakin sesak dengan konten-konten negatif berbau radikalisme dan terorisme.

Perwakilan Kedutaan Besar Spanyol, Alejandro Herrero Sanchez mengatakan, pelatihan tersebut merupakan sebuah program yang positif dan sangat menginspirasi negara lain termasuk mereka. Apalagi selama ini Indonesia dan Spanyol punya hubungan yang sangat baik, sehingga bisa menjadi contoh yang baik, bagi negara yang lain untuk melakukan hal yang sama.

“Saya juga mau membagikan bagi semua, bahwa para orang tua di negara kami berpandangan sangat positif tentang masyarakat Indonesia, sebab orang-orangnya suka tersenywarganya disiplin, dan itu merupakan tanda bahwa itu merupakan tanda bahwa warga menyadari masa depan,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sulawesi Utara, Dr. Jetty Pulu, Gubernur Olly Dondokambey, SE, dan Wakil Drs, Steven Kandouw menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang baik tersebut, karena tujuannya mulia, untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

Apalagi dibawah kepemimpinan Presiden yang hebat, Ir. Joko Widodo, pemerintah provinsi mau terus memgenag teguh ciptaan Tuhan yang sama-sama menolak radikalisme dan terorisme. Juga akan terus melakukan kegiatan nyata dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan bersama forum komunikasi pimpinan daerah.(dimas)