Kemenpora Latih Kepemimpinan Generasi Muda di Manado

MANADO, KOMUNIKASULUT.COM — Generasi muda di Kota Manado mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI melalui Lembaga Pengkajian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Citra Muda Insani (LP3 CMI). Kegiatan berlangsung di Madrasah Tsanawia (MTS) Bailang pada Jumat (30/11/2018) hingga Minggu (2/12/2018).

Founder LP3 CMI, Idham Zakaria, S.E, M.M, menjelaskan bahwa fokus pelatihan ini menitik beratkan pada penguatan wawasan kebangsaan pada pelajar, remaja dan kaum muda yang ada di Manado.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yang melibatkan ratusan pelajar, generasi remaja dan pemuda. Umumnya dari perwakilan remaja Masjid di Kota Manado. Tujuannya yakni membekali pengetahuan kepada mereka peserta ini agar dapat memberi filter atau memerangi radikalisme, terorisme dan gerakan intoleran. Sekaligus mengasah jiwa kepemimpinan mereka agar tumbuh cinta terhadap tanah air dan membangun karakter kepemimpinan pemuda sejak dini,” jelas Idham.

Pemerintah Kota Manado pun menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini karena dinilai dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan karakter generasi muda yang ada di “Kota Berdoa” tersebut.

“Pemerintah Kota Manado sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan kepemimpinan pemuda ini, apalagi melibatkan generasi muda dari berbagai Masjid di Manado. Melalui pelatihan-pelatihan akan tumbuh generasi muda yang unggul, beretika, beriman, berakhlak dan menjaga keutuhan bangsa tentunya. Kami juga berharap selanjutnya kegiatan serupa dapat terus dilakukan. Memang pentingnya edukasi seperti ini untuk dilakukan,” ujar Kadispora Manado, Gabriella Umboh, SSTP, mewakili sambutan Walikota Manado.

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Pemerintah Kota Manado, dalam hal ini melalui Kadispora Manado. Adapun pemateri yang dihadirkan merupakan pihak-pihak yang ahli dibidangnya; dengan berbagai latar belakang disiplin ilmu. Peserta yang hadir terdiri dari ragam elemen generasi muda yang ada di Kota Manado: remaja masjid, BKPRMI, IPNU, pengurus OSIS, pelajar di MTS Bailang Manado dan juga KNPI. (RE)