Bawaslu Manado Tertibkan APK Bermasalah

Penertiban APK oleh Panwscam sekota Manado. (Dims)

Manado, (Komunikasulut.com) – Bawaslu Kota Manado, dibawah komando Marwan Kawinda, Taufik Bilfaqih dan Heard Runtuwene, mulai menertibkan alat peraga kampanye (APK) bermasalah, Kamis.

“Penertiban dilakukan oleh Panwascam di 11 kecamatan, agar sesuai aturan dan estetika kota tetap terjaga,” kata Ketua Bawaslu, Marwan Kawinda, di Manado.

Dia mengatakan, penertiban dilakukan berdasarkan UU 7/2017, PKPU 33 tentang perubahan PKPU 23/2018 tentang kampanye, Perbawaslu 33 tentang perubahan terhadap Perbawaslu 28/2018 tentang pengawasan kampanye, Surat nomor 1990 tentang pelaksanaan metode kampanye Pemilu 2019 dan surat 499 Perbawaslu Sulut tentang pengawasan metode kampanye Pemilu 2018.

Dia menjelaskan, penertiban dilakukan oleh Panwascam, bersama dengan satuan polisi pamong praja, supaya bisa berjalan lancar, setelah sebelumnya sudah menyampaikan pemberitahuan kepada Parpol peserta Pemilu.

“Jika ada mau APK kembali disilahkan diambil tetapi harus membuat surat pernyataan di Panwascam,” katanya.

Kawinda merinci lokasi-lokasi terlarang bagi APK untuk dipasang di Kota Manado, karena tidak sesuai dengan ketentuan adalah di pohon, kecuali pohon yang di dalam halaman rumah, tiang listrik, gedung pemerintah, rumah sakit atau layanan kesehatan publik, halaman atau gedung pendidikan.

“Juga halaman atau gedung tempat ibadah, jalan trotoar dan terminal atau pelabuhan, semuanya dilarang,” katanya.

Dia menegaskan, penertiban dilakukan di seluruh wilayah kota Manado, tidak pandang bulu, yang salah ditertibkan, sesuai ketentuan yang berlaku. (dims)