KPU Manado Gelar Rakor DPTb dan DPK

Ketua KPU Manado, Sunday Rompas, ST

 

Manado, (Komunikasulut.com) – KPU Kota Manado, melaksanakan rapat koordinasi tentang persiapan penetapan daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK) di Arya Duta hotel, Kamis (7/2).

Rakor dihadiri PPK dan PPS sekota Manado, dan berlangsung dinamis, karena para peserta Rakor saling mengajukan pertanyaan dalam dialog yang dipimpin komisioner KPU, Abdul Gafur Subaer, tentang DPTb serta DPK dan bagaimana cara untuk menggunakan hak pilih di daerah lain yang benar.

Ketua KPU Manado, Sunday Rompas, ST, mengatakan, Rakor dilaksanakan karena KPU provinsi merancang penetapan DPTb pertama pada 16 Februari nanti.

“Meskipun sebenarnya, jika mengacu pada regulasi, sesuai tahapan DPTb bisa diselesaikan satu bulan sebelum pelaksanaan atau tepatnya 16 Maret Maret, tetapi KPU akan mulai melakukan koordinasi pada 16 Februari nanti, agar berjalan dengan benar,” kata Rompas.

Dia mengatakan, pada pelaksanaan Rakor tersebut, dijelaskan tentang DPK, dimana warga yang belum terdaftar dapat diakomodir asalkan baru memiliki KTP-el, karena sudah memiliki identitas kependudukan sesuai dengan domisili.

“Kemudian juga dijelaskan tentang adanya pemilih yang punya KTP Manado tetapi domisili di luar Manado tetapi mau memilih di Manado, maka diserahkan ke provinsi dan penyelenggara pemilu tingkat provinsi itu akan berkoordinasi untuk minta dasar hukumnya,” katanya.(dims)