Hadapi Kampanye Rapat Umum, Bawaslu Sulut gelar Rakernis

Rakernis di Peninsula kemarin. (dims)

 

Manado, (Komunikasulut.com) – Menghadapi pelaksanaan kampanye rapat umum, 24 Maret – 13 April 2019, Bawaslu Sulut menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) di di Peninsula hotel, Selasa.

“Pelaksanaan Rakernis dimaksudkan menghadapi tahapam kampanye rapat umum, sebab berbeda pengaturannya dengan yang sekarang, kalau rapat umum kan sudah bisa di lapangan dan lainnya,” kata Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu RI, Mohammad Affifudin, di Manado.

Afif, sapaan akrab anggota Bawaslu RI itu mengatakan, semua pengawas pemilu di tingkatan provinsi dan kabupaten dan kota harus bisa memetakan kerawanan konflik pada waktu dan lokasi kampanye.

Meskipun dia mengakui khusus Sulawesi Utara, untuk potensi kerawanannya masih dibawah angka lima, yang menunjukan bahwa itu masih bisa dikatakan sedang, tetapi pihaknya tetap akan membaharui data potensi kerawanan setiap bulan.

Dia mencontohkan kasus pembakaran kendaraan bermotor di Jawa Tengah itu adalah salah satu potensi kerawanan juga cuaca seperti hujan di Manado bisa menjadi potensi kerawanan karena bisa membuat kotak suara terendam dan sebagainya.

Karena itu dia mengatakan pengawasan dilakukan untuk semua termasuk untuk logistik dan lainnya, termasuk netralitas ASN.

Acara yang dihadiri para pengawas dari 15 kabupaten dan kota di Sulut itu diwarnai dengan diskusi dan usulan yang disampaikan seperti diutarakan Ketua Bawaslu Sitaro, Fidel Malumbot, S.Sos dan dari Manado, Marwan Kawinda, SH.(Dims)