Bawaslu Sulut Sidangkan Dugaan Pelanggaran Pemilu FR

Manado (komunikasulut.com) – Bawaslu Sulawesi Utara, menggelar sidang terhadap dugaan pelanggaran administrasi yang dilakukan Caleg FL di Universitas Negeri Manado (Unima), 28 Januari lalu, Senin siang.

Sidang yang dipimpin oleh Komisioner Bawaslu, Mustarin Humagi, dihadiri pelapor Bawaslu Minahasa dan kuasa hukum terlapor, dengan agenda mendengarkan semua keterangan pelapor.

“Kami mendengarkan semua keterangan pelapor dan minta jawaban terlapor yang minta diberikan kesempatan hingga Rabu 25/3 sampai pembuktian, supaya agendanya bisa pembuktian sekaligus,” kata Mustarin.

Sementara itu ketua Bawaslu Minahasa, Rendi Umboh, usai sidang menjelaskan, bahwa sidang itu sebenarnya berangkat dari temuan Bawaslu, namun tidak memenuhi unsur pidana dalam keputusan Gakumdu, namun karena sesuai dengan ketentuan pasal 460 ayat 2 yang namanya pelanggaran administratif bukanlah tindak pidana Pemilu, tetapi pelanggaran administratif harus diproses.

“Masa ada pelanggaran tidak bisa diproses, kalau seperti itu, nanti orang bisa seenaknya melakukan kampanye di tempat terlarang, misalnya di kampus,” katanya.

Dia mengatakan jika nanti diputuskan ada pelanggaran, maka nantinya akan ada sanksi administrasi seperti tidak diikutsertakan tahapan pemilu. (Dims)