KPU Manado Gelar Simulasi Situng

Manado, (Komunikasulut.com) – KPU Kota Manado, menggelar simulasi sistem informasi penghitungan suara Pemilu 2019, di Swiss bell hotel Manado, Rabu.

“Simulasi Situng ini adalah kali ketiga kami laksanakan, pertama untuk 20 persen TPS kemudian 50 persen dan Rabu ini adalah untuk 100 persen, artinya untuk 1.389 TPS yang ada di Manado,” kata Kepala Sub Bagian Data dan Humas KPU Manado, Reynold Runtu, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan, Situng yang dilakukan tersebut, memang tidak akan menjadi penentu hasil untuk hasil perhitungan suara, sebab itu hanya boleh dilakukan dalam pleno pleno mulai dari kecamatan, kabupaten kota, provinsi sampai KPU RI. 

“Tetapi Situng itu akan menjadi referensi bagi KPU dalam penghitungan suara, karena yang di-scan adalah formulir C1, dan langsung diunggah sehingga hasilnya bisa langsung dihitung,” katanya. 

Reynold menegaskan Situng dilaksanakan sebagai pegangan KPU, mengingat ada lembaga lain yang melakukan penghitungan cepat atau quick count, sehingga penyelenggara pemilu juga melakukannya, tanpa margin error’, sebab pihaknya menscan formulir C1

Sementara itu pihaknya juga berkoordinasi dengan pemangku kepentingan seperti PLN dan Telkom untuk menyukseskan Pemilu. (Dims)