Bawaslu Manado rekomendasi PSU Empat TPS di Bahu

Manado (komunikasulut.com) – Bawaslu Kota Manado merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU) kepada empat TPS di Kelurahan Bahu, kecamatan Malalayang.

“kami merekomendasikan KPU untuk melaksanakan PSU di TPS 1, 26, 29 dan 32 Kelurahan Bahu, Malalayang kepada KPU Kota Manado, sebagai pelaksanaan Pemilu kata ketua Bawaslu Manado Marwan Kawinda, SH, di Manado, Selasa.

Marwan menjelaskan PSU harus dilaksanakan, karena terjadi tindakan yang tidak sesuai prosedur, saat kotak suara akan dipindahkan.

Dia mengatakan para penyelenggara pemungutan suara yang tidak begitu memahami aturan telah memasukkan Plano C1 ke dalam kotak suara sehingga memaksanya dibuka, tanpa memberitahu saksi parpol Panwas dan tidak membuat berita acara.

“Akibatnya ketika diklarifikasi baik oleh Panwas TPS Panwas Kelurahan sampai ke Panwas kecamatan diketahui hal tersebut terjadi karena kekurangan pemahaman terhadap, ketentuan akhirnya bawaslu,” katanya.

Sementara ketua KPU Manado Sunday rompas mengatakan pihaknya sudah menerima surat rekomendasi resmi dari KPU untuk melaksanakan pemungutan suara ulang di empat TPS Bahu, jadi total PSU akan dilaksanakan di 15 TPS di kota Manado.

“Kami sudah menerima rekomendasi tersebut dan langsung mempersiapkan diri terutama logistik dan lainnya, bahkan saat ini kasubag logistik Joan kotambunan sedang berada di Jakarta menyelesaikan hal tersebut,” katanya.

Mengenai waktu pelaksanaan rompas mengatakan menunggu hasil keputusan rapat koordinasi dengan Bawaslu dan polres Manado dan itu yang akan diumumkan kepada publik terutama para pemilih di TPS TPS dimaksud.(dims)