Staf RSUP Kandou PSU di Kotak Suara Keliling

Manado (Komunikasulut.com) – 180 orang dari 220 tenaga medis dan staf RSUP Kandou yang terdaftar dalam DPT di rumah tersebut, akhirnya bisa menggunakan hak pilihnya di TPS terdekat di wilayah Malalayang.

“Para pemilih dilayani oleh kotak suara keliling dari TPS 17 Malalayang Satu, TPS 1, 26, 29 dan 32 Bahu, TPS 3, 6 dan 9 Malalayang I Barat dan TPS 12 dan 15 Kleak,” kata Komisioner KPU Manado, Abdul Gafur Subaer, di RSUP Kandou, Manado, di sela-sela proses pemungutan suara.

Dia mengatakan dalam proses pemungutan suara tersebut, petugas membawa KSK di sejumlah ruangan diantaranya di lantai dua interna, yang sempat ribut karena penolakan salah satu dokter, kemudian ke ruangan gizi dan sejumlah tempat lainnya.

Sementara pemungutan suara di ruangan lainnya relatif berjalan lancar, dan kotak suara langsung dibawa kembali ke TPS masing-masing untuk dilakukan penghitungan suara bersama dengan yang lainnya.

Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kawinda, SH, mengatakan, dalam pemungutan suara ulang tersebut, pihaknya melakukan pengawasan untuk memastikan semuanya berjalan lancar dan tidak ada hambatan atau gangguan dalam bentuk apapun.

“Kami awasi jika memang ada yang tidak sesuai atau bertentangan dengan aturan tetap ditindak, dan rumah sakit bukannya tidak siap aman meskipun sampaknya demikian,” katanya.

Sementara Kapolresta Manado Kombes Pol. Benny Bawensel, bersama Dandim 1309/Manado Letkol Infanteri Elvino Yudha Kurniawan, mengatakan pasukannya siap mengawal seluruh TPS yang melakukan PSU, sehingga pelaksanaannya berjalan aman dan lancar.

“Sejauh ini semuanya lancar-lancar saja dan tidak ada hal-hal yang tak diinginkan yang terjadi, termasuk di RSUP Kandou ini kami pantau semua aman, dan ada aparat keamanan di-back up oleh TNI AD yang menjaga keamanan sehingga berjalan dengan lancar,” katanya. (dims)