Wow,…. Pembahasan Ranperda RTRW Perlu Waktu 15 Bulan

Manado (Komunikasulut.com) – Wow.. Pembahasan Ranperda RTRW Kota Manado, diperkirakan akan makan waktu 15 bulan sampai tahun depan.

Legislator Sarifudin Saafa, anggota Pansus RTRW Manado, mengakui pembahasannya akan makan waktu yang panjang, karena tahapannya yang harus dilalui.

“Waktunya karena saat ini saja, kami masih membahas apakah bisa memberikan persetujuan revisi Ranperda tersebut atau tidak, dan sampai saat ini masih dikaji, nantinya hasilnya akan dituangkan dalam berita acara dan itu yang sedang dikaji Pansus,” kata Saafa di Manado.

Nantinya, kata Syarif, sapaan akrabnya, revisi akan ajukan ke provinsi untuk mendapatkan rekomendasi, setelah itu diajukan ke pusat untuk mendapatkan persetujuan substansial yang diperkirakan makan waktu 23 hari sesuai dengan aturan permen ATR, setelah ada persetujuan substansi baru dikirimkan ke DPRD untuk dibahas, dan dalam pembahasan bersama di daerah itu jangan sampai melanggar substansi pusat, sampai masuk ke lembar daerah.

“Karena itu sudah pasti pembahasannya tidak bisa diselesaikan DPRD periode sekarang tinggal menunggu yang akan dilantik baru pada Agustus untuk meneruskan tugas tugas tersebut,” katanya.

Saat ini kata Syarif, konsultasi publik masih terus dilakukan, untuk mendengarkan masukan dari masyarakat, sehingga nantinya bisa menyeluruh dan tidak bertentangan dengan RTRW provinsi maupun pusat. (dims)