TNI AU Latihan Bersama US Air Force di Langit Sulut

Pembukaan Cope West 2019 di Lanud Sam Ratulangi Manado. (Foto Istimewa)

Manado, KOMUNIKASULUT.COM — Sebanyak 150 personil TNI AU dan 131 prajurit US Air Force akan melaksanakan latihan tempur bersama di Landasan Udara Sam Ratulangi Manado mulai Senin (17/6/2019) hingga Jumat (28/6/2019).

Latihan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dari kedua negara dalam suatu operasi bersama (Joint Operation maupun latihan Combat Operation).

Di lain sisi, latihan ini guna untuk meningkatkan kebersamaan yang sudah terjalin selama 70 tahun hubungan diplomatik antara Amerika Serikat dan Indonesia; Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R. Donovan, Jr, mengungkapkan hal tersebut.

“Latihan ini untuk meningkatkan kebersamaan yang sudah terjalin. Bahkan sangat berkaitan dengan 70 tahun hubungan diplomatik Amerika Serikat dengan Indonesia. Saya senang kegiatan ini dilaksanakan guna mempererat kebersamaan Amerika Serikat dengan Indonesia,” ungkap Donovan.

Selain itu, Komandan Skuadron Udara Wing 3 Lanud Iswahyudi Kooprsau II, Kolonel Satriyo Utomo, yang memimpin acara pembukaan kegiatan bersandi Cope West 2019 bersama Wakil Komandan Wing Tempur 35 Skuadron 14 Samurai Misawa Jepang, Kolonel, Paul Kirmis, menuturkan bahwa latihan ini untuk melatih kemampuan taktis dan berbagi pengetahuan soal teknologi kedirgantaraan antara kedua negara.

“Latihan bersama ini untuk mengasah kemampuan dua pihak dalam hal taktik kedirgantaraan. Dua angkatan bisa saling berbagi taktik pengamanan udara, pengetahuan tentang teknologi kedirgantaraan. Selama dua pekan ini, baik TNI AU dan US Air Force akan rutin latihan tempur di udara Sulut,” tutur Kolonel Satriyo.

Kolonel Paul Kirmis selaku Wakil Komandan Wing Tempur 35 Skuadron 14 Samurai Misawa Jepang, pun mengungkapkan hal yang sama. “Latihan bersama itu selain bertujuan untuk meningkatkan ikatan dalam membangun keamanan di Indo-Pasifik, juga untuk mempererat kebersamaan antara prajurit TNI AU dan US Air Force dan menjalin persahabatan antar kedua negara sambil memperkuat rakyat dan interoprobabilitas,” imbuh Kolonel Paul.

Acara pembukaan dihadiri Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan, Jr; Konjen AS di Surabaya, Mark McGovern; Danlanud Iswahyudi Marsekal Pertama, Iko Widiarto; Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, S.E; Ketua DPRD Sulut, Andrei Angouw; Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang; Kapolda Sulut, Irjen Pol Remigius Sigid; dan Danlanud Sam Ratulangi Manado, Kolonel Pnb Johnny Sumaryana.

Dalam latihan tersebut, terdapat 13 pesawat tempur F-16 yang akan dikerahkan; US Air Force menggunakan enam pesawat tempur F-16 dari Skadron 14 yang bermarkas di Misawa Jepang dan TNI AU mendatangkan tujuh pesawat tempur F-16 dari Skadron udara 3 Lanud Iswahyudi. Latihan ini merupakan yang ketiga kalinya digelar di Manado, sebelumnya pernah menjadi tuan rumah Cope West 2017 dan Cope West 2018. (RE)