Pers Mahasiswa Fispol Asah Kemampuan Jurnalistik Kader Baru

Salah seorang pemantik sedang memberikan materi kepada peserta PJTD Jilid 2.

Manado, KOMUNIKASULUT.COM — Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Pers Mahasiswa Acta Diurna Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) mematangkan pengetahuan dan kemampuan dasar para kader baru dengan mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Jilid 2 di Sekertariat Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Cabang Manado pada Selasa (18/6/2019) hingga Rabu (19/6/2019).

Kepada KOMUNIKASULUT.COM, Pimpinan Umum (PU) Pers Mahasiswa Acta Diurna, Tiara Piri, menjelaskan esensi utama dari pelaksanaan kegiatan pelatihan jurnalistik angkatan kedua tersebut.

“Tujuan utama pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan tentang dasar-dasar jurnalistik kepada para calon anggota baru Pers Mahasiswa Acta Diurna. Kegiatan ini juga merupakan sebuah tahapan dan momentum regenerasi dari organisasi Pers Mahasiswa Acta Diurna dengan penjaringan kader baru,” jelas Tiara.

PJTD Jilid 2 dirangkaikan dengan ragam materi yang menyoal dasar-dasar dalam dunia jurnalistik dan dunia organisasi kemahasiswaan, di antaranya adalah:

  • Pengenalan Organisasi oleh Pimpinan Umum Pers Mahasiswa Acta Diurna, Tiara Piri.
  • Manajemen Organisasi oleh alumni aktivis Fispol, Boy Paparang, S.Ip.
  • Manajemen Redaksi oleh wartawan media cetak sekaligus demisioner Pimpinan umum Acta Diurna, Baladewa Setlight.
  • Vidiografi dan Fotografi oleh pegiat jurnalistik, Gerith Besauw.
  • Manfaat Bergabung di Pers Mahasiswa oleh alumni aktivis Fispol, James Lembong, S.Sos.
  • Pers Dalam Nasionalisme Indonesia oleh alumni aktivis Fispol, Vrenky Muluwere, S.Ip.
  • Intisari Berita, Analisis isi dan Simulasi Peliputan Berita oleh wartawan media online sekaligus demisioner Pemimpin Redaksi Acta Diurna, Rezky Kumaat.
  • Kode Etik Jurnalistik oleh dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Fispol yang juga pegiat jurnalistik, Dr. Jackelin Lotulung, S.Sos, M.Ikom.

Dengan demikian, mahasiswa Fispol Jurusan Ilmu Komunikasi semester 6 yang akrab disapa Yaya itu menginginkan agar bekal pengetahuan yang telah peserta peroleh selama mengikuti rangkaian kegiatan bisa dipahami dan dipraktekan sesuai kaidahnya.

“Harapan saya selaku Ketua Acta Diurna agar supaya materi-materi yang telah diberikan kepada para kader-kader Pers Mahasiswa Fispol itu bisa membuat mereka menjadi seorang pelaku jurnalistik yang profesional, independen dan selalu berpegang teguh kepada Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999,” tutupnya.

Rangkaian kegiatan PJTD Jilid 2 yang bertemakan “Mengembangkan Kreatifitas Jurnalistik dalam Nuansa Bhinneka Tunggal Ika” dibuka secara resmi oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fispol, Herald Balirante, dengan diikuti sebanyak 20 orang mahasiswa-mahasiswi Fispol dari latar belakang jurusan, angkatan dan dasar keilmuan yang beragam. (RE)