Sambut Hari Bhayangkara ke 73, Polda Sulut Gelar Turnamen Menembak

Jajaran Polda Sulut, pejabat utama Polri-TNI dan Forkopimda Sulut. (Foto Istimewa)

Manado, KOMUNIKASULUT.COM — Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara mengadakan Turnamen Terbuka Menembak Piala Kapolda Sulut 2019 di Lapangan Tembak Satbrimob EKSC, Maumbi, Manado, pada Kamis (20/06/2019) hingga Minggu (23/6/2019). Pelaksanaan kegiatan dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke 73 pada tanggal 1 Juli 2019 mendatang.

Dibuka langsung oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto, beliau mengutarakan tujuan utama pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Lomba menembak ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara Polri-TNI, pemerintah daerah beserta seluruh elemen masyarakat yang ada. Kegiatan ini juga sebagai ajang mengasah kemampuan para peserta,” tutur beliau.

Selain itu, bertindak sebagai Ketua Panitia, Dirintelkam Polda Sulut, Kombes Pol Budhy Herwanto, menerangkan soal sistematis kegiatan.

“Turnamen menembak ini terbuka untuk umum dan lomba terbagi dalam dua kategori utama, yaitu senjata api dan senjata non api,” terangnya.

Pembukaan lomba dihadiri jajaran Forkopimda Sulut; Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Tiopan Aritonang; Danlantamal VIII Manado, Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta; Danlanudsri, Kolonel (Pnb) Johnny Sumaryana; Kabinda Sulut, Laksma TNI Heri Jamhari; Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Karyoto beserta para pejabat utama Polda Sulut dan TNI-Polri, pemerintah dan peserta.

Diketahui, kategori senjata api terdiri dari 5 kelas, yakni 20 meter pistol eksekutif, 20 meter pistol man, 20 meter pistol woman, 100 meter rifle, non IPSC dan duel shoot off.  Sedangkan untuk kategori senjata non api terdiri dari 10 meter air pump, 33 meter PCP metal shillouette, 45 meter PCP extreme bench rest, AA IPSC dan duel shoot off air soft.

Hadiah yang akan diperolah para pemenang di setiap kelas yang dilombakan, di antaranya adalah: Juara 1 mendapat piagam, medali dan uang pembinaan sebesar Rp 2 juta; Juara 2 mendapatkan piagam, medali dan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta; Juara 3 mendapatkan piagam, medali dan uang pembinaan sebesar Rp 500 ribu. Sedangkan bagi yang memperoleh juara umum akan mendapatkan hadiah utamanya, yaitu trofi Kapolda Sulut.

Keseruan turnamen terlihat usai acara pembukaan, dimana para pimpinan Forkopimda juga ikut serta untuk berlomba dalam kelas 20 meter pistol man. (RE)