Manado Lokasi Pemecahan Rekor Dunia Penyelaman Wanita Terbanyak

Ketua WASI, Tri Suswati-Karnavian. (Foto Istimewa)

Manado, KOMUNIKASULUT.COM — Organisasi Wanita Selam Indonesia (WASI) memilih Kota Manado untuk menjadi lokasi pemecahan rekor dunia/Guinness World Record dengan kategori penyelaman massal wanita terbanyak di dunia. Rencananya rangkaian kegiatan akan dilangsungkan di pantai Kawasan Megamas Manado pada Senin (1/7/2019) dan Rabu (3/7/2019).

Kepada awak media, Ketua WASI, Tri Suswati-Karnavian, menjelaskan alasan utama kenapa Manado dipilih sebagai lokasi strategis untuk pelaksanaan iven besar ini.

“Alasan kami kembali memilih Manado sebagai lokasi penyelaman massal karena semua syarat-syarat yang diperlukan ada di Manado. Baik itu dari segi fasilitas, infrastruktur maupun keselamatan penyelaman, tempat penyelaman yang aman, dan juga tidak merusak karang itu ada di Manado,” jelas beliau.

“Berdasarkan pengalaman pada kegiatan tahun lalu, kami yakin tempat ini baik sekali. Walapun berpasir namun karena (pasirnya, red) berat, maka akan cepat mengendap. Kami terus memantau situasi lokasi penyelaman melalui survei yang dilakukan oleh panitia daerah secara berkala. Mudah-mudahan cuaca bagus pada 1 dan 3 Agustus nanti. Dari survei dan data-data yang kami dapat, bahwa pada bulan Agustus nanti cuaca bagus,” ujar Tri.

Iven pemecahan rekor dunia ini dirancangkan akan melibatkan kurang lebih 3000 penyelam yang ada di Indonesia maupun penyelam dari luar negeri yang bersedia dan ingin ikut serta.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum, pesertanya bisa dari dalam dan luar negeri. Jumlah peserta minimal 3000 orang dan hingga saat ini yang sudah terdaftar langsung di website panitia adalah sebanyak 1750 orang, sehingga masih diperlukan 1250 orang lagi. Tapi kami optimis jumlahnya akan terpenuhi karena di Manado sendiri sudah ada calon 1500 peserta yang ingin mendaftar maupun dari wilayah-wilayah yang ada di Indonesia,” lugasnya.

Persiapan panitia untuk menyukseskan kegiatan ini dikatakan sudah diseparuh jalan sehingga dengan waktu yang tersisa diharapkan persentasi keberhasilannya akan terus meningkat hingga hari pelaksanaan kegiatan.

“Kami sudah melaksanakan rapat bersama Polda Sulut, panitia dari pusat serta panitia daerah di Manado untuk memantapkan semua kegiatan. Tahapan persiapan bisa dibilang sudah 50 persen,” ucap Tri usai memimpin rapat panita di Fourpoints by Sheraton Hotel  Manado, Rabu (19/6/2019).

“Panitia akan menyiapkan tabung sebanyak 3000 sampai 3500 buah, termasuk pemberat. Sedangkan untuk peralatan lainnya disiapkan atau dibawa oleh masing-masing peserta karena peralatan yang lain tersebut yang ada pada kami jumlahnya terbatas,” tandas beliau.

Diketahui, sebelumnya pada tanggal 11 Agustus 2018 WASI juga pernah melaksanakan iven serupa di Manado dan berhasil memecahkan rekor MURI untuk kategori pembentangan dan pengibaran bendera dari dalam laut oleh perempuan penyelam terbanyak di Indonesia; ukuran bendera sepanjang 520 meter dan dikibarkan di kedalaman 6-12 meter di bawah laut oleh 930 penyelam wanita. (RE)