DPRD gelar paripurna istimewa  HUT 396 Manado

Manado (Komunikasulut.com) – HUT ke 396 Kota Manado, diperingati dalam upacara bendera yang dipimpin wali kota Manado, Vicky Lumentut di lapangan Sparta Tikala, dan rapat paripurna istimewa dipimpin Ketua DPRD, Noortje Henny Van Bone, di ruang serba guna kantor Wali kota Manado, Senin.

“Hari ini Manado berulang tahun ke 396, sudah banyak kemajuan yang dicapai dan tahun ini mengambil tema Torang Manado Torang Rukun,” kata Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, di Manado.

Dia mengatakan, slogan Torang Manado Torang Rukun, bukan hanya slogan semata tetapi sudah dilakukan oleh seluruh masyarakat Manado, selama ini sebagai bukti keharmonisan seluruh warga Manado.

Setelah upacara bendera disambung dengan paripurna istimewa yang dipimpin oleh DPRD Manado yang dihadiri oleh Asisten I Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Eddyson Humiang, Danlanudsri, Forkopimda, jajaran pejabat Pemkot Manado tokoh agama dan masyarakat.

“14 Juli 1623  ulang tahun Kota Manado, adalah angka cantik karena merupakan momentum yang mengemas tiga peristiwa bersejarah sekaligus,” kata Van Bone.

Dia mengatakan tanggal 14  diambil dari peristiwa Merah Putih 14 Februari, di mana putra daerah ini bangkit dan menentang penjajah Belanda, untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, kemudian Juli Juli diambil  Juli 1919, yaitu munculnya Besluit Gubernur Jenderal tentang penetapan Gewest Manado sebagai Staatgemeente dikeluarkan dan tahun, dan 1623  dari unsur historis yaitu tahun di mana Kota Manado dikenal dan digunakan dalam surat-surat resmi.

Dia menambahkan pada 2018-2019, Manado sudah mencatatakan banyak prestasi, terakhir adalah penghargaan bagi aplikasi Panadola sebagai top 99 inovasi di Indonesia.

Meski begitu dia mengatakan ada sejumlah catatan yang harus menjadi perhatia pemerintah unruk memajukan Manado kedepan. (Dims)