Pengurus HPMIG Manado 2019-2020 Resmi dilantik

Simbolis penyerahan petaka organisasi oleh Ketum PB HPMIG (kiri) kepada Ketum HPMIG Cabang Manado terlantik (kanan).

MANADO, KOMUNIKASULUT.COM – Sebanyak 55 orang pengurus dan anggota Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Gorontalo (HPMIG) Cabang Manado periode 2019-2020 resmi dikukuhkan di Aula Kantor Walikota Manado pada Sabtu (12/10/2019).

Kepada KOMUNIKASULUT.COM, Mohamad Rizky Ismanto Habu selaku Ketua Umum HPMIG Cabang Manado yang telah sah menyandang jabatannya akan berupaya semaksimal mungkin agar eksistensi dan jati diri organisasi semakin dikenal di Manado.

“Saya ingin menjadikan HPMIG kembali berjaya di Manado. Karena beberapa tahun sebelumnya organisasi ini sempat fakum tiga tahun. Sebelum kepemimpinan saya, organisasi ini juga belum terlihat oleh publik. Karena mungkin kurangnya kegiatan dan sebagainya. Mudah-mudahan di kepemimpinan saya HPMIG bisa lebih bangkit dari yang sebelumnya,” cakap mahasiswa Politeknik Manado tersebut.

“Program kerja yang akan saya buat untuk bisa lebih dalam lagi memperkenalkan apa itu Gorontalo, yakni saya akan membuat satu festival budaya. Disitu akan memperkenalkan semua unsur kedaerahan dan jati diri dari Gorontalo, termasuk tarian, pakaian adat, makanan khas Gorontalo dan sebagainya,” tambah Rizky.

Selain itu, Rizky akan memastikan agar proses pengkaderan dan regenerasi dari organisasi ini bisa terlaksana dengan baik; melalui rancangan program-program kerja yang akan dieksekusi kedepannya.

“Ada sekitar 30an anggota dan 20an pengurus yang akan dilantik. Kedepannya saya akan aktif membuat program Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK, agar para kader bisa terorganisir di paguyuban ini. Sehingga keaktifan mereka tidak akan memudar nantinya. Mengutip kalimat salah seorang tokoh, ‘Pemimpin itu bukan menghasilkan pengikut, tapi menghasilkan pemimpin yang baru kedepannya nanti’,” pungkas Rizky.

Adapun, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HPMIG yang turut hadir dan secara langsung melantik seluruh kader HPMIG Cabang Manado, Riyanto Ismail, S.H, mengutarakan supportnya terhadap seluruh pengurus dan anggota yang baru ditetapkan.

Support kami kepada seluruh pengurus HPMIG di kabupaten kota yang baru dilantik adalah akan berupaya untuk melobi perbaikan asrama atau tempat tinggal mereka agar lebih layak. Kami akan melobi sampai ke Kemenpora. Bagaimana dana-dana hibah yang pernah kami dapatkan sebelumnya bisa kita dapatkan kembali. Karena kalau mungkin soal anggaran kami tidak punya hal itu,” paparnya.

Sejumlah hambatan internal dan eksternal yang menjadi persoalan bagi tumbuh kembangnya organisasi juga diterangkan oleh Riyanto. “Jadi kendala yang kami alami setelah saya banyak berkunjung ke teman-teman di daerah, pertama adalah di proses penganggaran. Insha’Allah kedepannya nanti bisa segera dipikirkan oleh Pemerintah Provinsi (Gorontalo, red). Tapi ada langkah-langkah lain yang akan kita lakukan untuk menanggulangi hambatan itu. Kita akan membuat HPMIG ini menjadi organisasi yang mandiri. Yang bisa kedepan nanti tidak harus kesana-kemari, namun bisa mendirikan usaha kecil,” terang Ketum PB HPMIG tersebut.

“Kendala selanjutnya yang paling kita rasakan adalah para mahasiswa sudah tidak ingin lagi berhimpun. Karena mungkin sudah terdikte oleh perkuliahan, mata kuliah dituntut bernilai A dan sebagainya. Mereka mulai kehilangan semangat untuk berorganisasi. Terlepas adanya kendala tersebut, kami berupaya agar terus memiliki progress untuk membangun daerah. Khususnya daerah kita di Gorontalo,” tandas Riyanto.

Kegiatan pelantikan dihadiri segenap unsur delegasi dari alumni HPMIG Cabang Manado (diwakili Azan Piola, S.H, yang kini menjabat Wakil Ketua DPRD Bone Bolango), delegasi HPMIG Cabang Minahasa, delegasi Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG), Badan Tadzkir Unsrat serta sejumlah organisasi intra maupun ekstra yang ada di Manado.

Rangkaian kegiatan pelantikan terdiri dari:
-Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars HPMIG;
-Penampilan Tarian Nirmala (tari kreasi melayu moderen);
-Laporan Ketua Panitia, Lukna Ahmaad;
-Sambutan Ketua Umum HPMIG Cabang Manado periode 2019-2020, Mohamad Rizky Ismanto Habu;
-Sambutan Ketum PB HPMIG, Riyanto Ismail, S.H;
-Sambutan mewakili Alumni PB HPMIG, Azan Piola, S.H;
-Penampilan Musikalisasi Puisi oleh Putri Maya Sari Arbie;
-Prosesi Pelantikan HPMIG Cabang Manado periode kepengurusan 2019-2020 oleh Ketum PB HPMIG;
-Foto bersama;
-Sepatah kata dari Wakil Ketua KKIG Sulut, Ulias Taha;
-Acara penutupan;

(RE)