Mantapkan Regenerasi, Pers Mahasiswa Fispol Cetak 20 Kader Baru

Foto bersama usai prosesi pengesahan 20 anggota baru Pers Mahasiswa Acta Diurna.

MANADO, KOMUNIKASULUT.COM – Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Pers Mahasiswa Acta Diurna Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado kian menggenjot proses regenerasi dan kaderisasi di ranah internal organisasi mereka.

Hal ini ditandai dengan telah disahkannya 20 anggota baru Pers Mahasiswa Acta Diurna. Momentum tersebut terbalut dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Jilid 3 yang digelar di Pantai Indah Kalasey pada Sabtu (19/10/2019) hingga Minggu (20/10/2019).

Sebelumnya (Juli 2019), Pers Mahasiswa Acta Diurna sudah mengadakan PJTD Jilid 2 dan hingga kini terus aktif menyelenggarakan pelatihan Jurnalisme secara rutin bagi seluruh anggota, pengurus dan kader yang baru bergabung.

Kepada KOMUNIKASULUT.COM, Pimpinan Umum (PU) Pers Mahasiswa Acta Diurna, Tiara Anton Piri, menjelaskan tindak lanjut organisasi setelah resmi ketambahan anggota keluarga baru.

“Setelah PJTD digelar, agenda Persma kedepannya adalah masa training bagi para anggota baru yang dirangkaikan dalam kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL, red) selama satu bulan. Setelah itu mereka akan dilantik menjadi anggota penuh dalam organisasi,” tutur mahasiswa yang akrab disapa Yaya itu.

“Mengapa kami melakukan ini, karena kami ingin mencari kader yang benar-benar kompeten, memiliki niat yang sungguh-sungguh, dan terbukti punya kualitas. Sehingga nantinya mereka tidak menjadi kader yang hanya ikut-ikutan saja, tapi memang siap untuk berproses dalam organisasi,” tambah Yaya.

Yaya juga menginginkan agar anggota yang baru bergabung betul-betul memiliki niat dan semangat untuk belajar Jurnalisme –yang merupakan marwah pergerakan dari Pers Mahasiswa Acta Diurna.

“Pesan saya bagi seluruh anggota baru, bergabung di Persma bukan sekedar untuk belajar berorganisasi, tapi belajar mengenai kemampuan khusus dari bidang Jurnalisme. Kreativitas, bakat dan minat kalian dalam bidang Jurnalisme akan diasah semaksimal mungkin disini. Jadi pastikan kalian memiliki niat dan keinginan yang sungguh-sungguh ketika bergabung,” pesan mahasiswa semester 7, Jurusan Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik di Fispol Unsrat tersebut.

Kegiatan PJTD Jilid 3 diisi dengan materi-materi dari para narasumber yang relevan dengan bidang Jurnalisme maupun organisasi. Di antaranya adalah:

  • Materi Manajemen Organisasi oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fispol Unsrat, Herald Balirante;
  • Materi Pers dan Pancasila oleh praktisi Jurnalisme, Dr. Melki Kumaat, M.Si;
  • Materi Tantangan Jurnalisme di Era 4.0 oleh Ahli Pers sekaligus Ketua Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, Yoseph Ikanubun;
  • Materi Peran Pers Mahasiswa Dalam Fenomena Politik Kampus oleh Akademisi Unsrat sekaligus Pengamat Politik di Sulut, Dr. Ferry Liando, M.Si;
  • Materi Analisis Framing: Berita Media Massa dan Simulasi Peliputan Berita oleh Wartawan/Redaktur KOMUNIKASULUT.COM, Rezky Kumaat;

Kegiatan PJTD Jilid 3 yang bertemakan ‘Meningkatkan Kreativitas Jurnalistik yang Independen, Unggul dan Berbudaya’ dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fispol Unsrat, Drs. Jefry Paat, M.Si.

Sebanyak 20 orang yang telah disahkan menjadi anggota biasa di Pers Mahasiswa Acta Diurna merupakan mahasiswa-mahasiswi dari sejumlah jurusan yang ada di Fispol Unsrat; Komunikasi, Pemerintahan, Administrasi dan Sosiologi. (RE)