Refleksi Hari Pers Nasional 2020 di Fispol Unsrat

Pemateri (putih/tengah) bersama peserta kegiatan.

MANADO, KOMUNIKASULUT.COM – Biro Kegiatan Mahasiswa (BKM) Pers Mahasiswa Acta Diurna, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fispol), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), merefleksikan Hari Pers Nasional (HPN) dengan menggelar diskusi terbuka bertemakan “Peran Pers dalam Pilkada 2020.”

Diadakan di Aula Fispol Unsrat, Selasa (11/2/2020), kegiatan ditujukan untuk memperingati HPN pada 9 Februari 2020. “Tujuan utama kegiatan dialog ini, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2020,” kata Pimpinan Umum Pers Mahasiswa Acta Diurna, Tiara (Yaya) Piri.

Menjelang kontestasi politik, independensi pers dinilai Yaya mulai dicurigai dan terlihat buram di masyarakat. Ini terihat dari banyaknya tindakan framing berlebihan yang sering dilakukan sejumlah media terhadap salah satu tokoh politik saja, dalam sajian produk jurnalistik mereka. Sehingga, terkesan disusupi kepentingan. Tema kegiatan didasari dari realitas yang demikian.

“Pada realitanya, media saat ini independensinya mulai dipertanyakan. Sudah menjadi rahasia umum ketika media sekarang apalagi di Sulut, mulai dimasuki kepentingan segelintir kelompok. Itulah menjadi keresahan kita saat ini, ketika Pers sekarang mulai kehilangan identitas sejatinya, yaitu independen,” tambah Yaya.

Mengundang Isa Anshar Yusuf sebagai pembicara; merupakan wartawan beritakawanua.com, Manado Bacirita (partner kumparan.com), kontributor Tempo, dan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, diskusi berlangsung interaktif dan intens dengan peserta.

Peserta merupakan perwakilan organisasi intra kampus, yakni Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fispol Unsrat, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fispol Unsrat, Badan Tadzkir (BT) Fispol Unsrat, Lembaga Advokasi Mahasiswa (LAM) Fakultas Hukum Unsrat, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suam IAIN Manado dan lainnya. Sejumlah wartawan media online di Manado turut ikut serta.

Pelaksanaan kegiatan merupakan bentuk kerja sama antara Pers Mahasiswa Acta Diurna dan Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Cabang Manado. (RE)