Unsrat Persembahkan 1.386 Wisudawan untuk Kemajuan Bangsa

Rektor Unsrat berikan wejangan kelulusan kepada wisudawan. (Foto Dokumentasi Unsrat)

MANADO, KOMUNIKASULUT.COM – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) mengukuhkan 1.386 wisudawan periode III Tahun Angkatan 2019/2020 di Auditorium, Kamis (13/2/2020). Wisudawan terdiri dari program strata Doktor, Magister, PPDSp 1, Profesi, dan sarjana dari 11 fakultas yang ada di Unsrat.

Dalam sambutannya, Rektor Unsrat, Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, mengungkapkan bahwa jumlah wisudawan kali ini adalah yang terbanyak selama beliau menjabat. Rektor pun berharap, para wisudawan mampu terus mengembangkan kemampuan individu yang diperoleh di perguruan tinggi, setelah turun dalam masyarakat.

“Ini wisudawan terbanyak selama saya menjabat rektor. Oleh karena itu, diharapkan wisudawan dapat terus meningkatkan kapabilitas masing-masing. Fleksibilitas dan kolaborasi antara hard skill yang tangguh, dan soft skill yang teruji harus diimbangi,” ucap Rektor.

Dengan demikian, Unsrat mempersembahkan seluruh wisudawan saat ini untuk dapat mengambil bagian dan berkontribusi demi kemajuan bangsa. Juga, sebagai modal penting dalam penyelenggaraan pembangunan Indonesia maju.

“Indonesia saat ini butuh SDM yang unggul. Maka dari itu, Unsrat persembahkan seluruh SDM ini demi pembangunan Indonesia maju. Semoga Unsrat dapat terus bergerak maju menghadapi revolusi industri 4.0,” tandas Prof. Kumaat.

Sementara itu, sambutan Gubernur Sulut yang diwakili Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sulut, dr. Jemmy Lampus, M.Kes, mengutarakan ekspektasi yang tinggi terhadap kualitas civitas akademika Unsrat, di masa mendatang.

“Diharapkan Unsrat bisa mencetak SDM yang kompetitif, profesional, dan berdaya saing. Ini bukan akhir kalian untuk menempuh pendidikan, tapi jadi pemicu untuk terus meningkatkan kualitas diri dan kompetensi ilmu, secara formal juga informal. Gelar akademik tidak cukup dijadikan modal berkompetisi, tapi perlu semangat dan etos kerja yang tinggi pula,” harap Jemmy.

“Kiranya Unsrat bisa terus melakukan perubahan, terobosan, dan inovasi dalam sistem pengajaran, pengelolaan administrasi, ketersediaan sarana dan prasarana, serta berbagai aspek penunjang lainnya. Ini dalam kerangka mencetak kader-kader masa depan yang berkualitas, unggul, berdaya saing tinggi, mampu bekerja sama, dan mampu menjawab tuntutan perubahan zaman,” tambahnya.

Berdasarkan pemaparan Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Unsrat, Prof. Dr. Ir. Grevo Soleman Gerung, M.Sc, total wisudawan yang berhasil dicetak Kampus Si Tou Timou Tumou Tou sampai saat ini, adalah 92.404 orang: Program Diploma (D3) 7.740 orang, Sarjana (S1) 70.139 orang, Profesi 6.538 orang, Program Pendidikan Dokter Spesialis 1 (PPDSp 1) 1.220 orang, Magister (S2) 6.641 orang, dan Doktor (S3) 153 orang.

Prosesi wisuda dirangkaian dengan Sidang Terbuka Senat Unsrat, yang turut dihadiri Bupati Bolaang Mongondow Utara, Drs. Hi. Depri Pontoh, juga Walikota Bitung, Max Miliaan Jonas Lomban, S.E, M.Si, sebagai salah satu tamu undangan. (RE)