Pangdam Sebut Kodim Talaud Prajurit Terbaik

KOMUNIKASULUT.COM – Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang memberikan apresiasi yang tinggi bagi Kodim 1312/Talaud. Kodim di perbatasan NKRI dan Filipina itu, kata Pangdam, adalah salah satu Kodim terbaik di wilayah yang dipimpinnya.

“Jadi di sini (Kodim 1312/Talaud) merupakan salah satu prajurit yang terbaik yang ada di Kodam XIII/Merdeka,” ujar Pangdam pada kunjungan kerjanya ke Kodim 1312/Talaud, baru baru ini. Dalam kunjungan kerja perdana ini Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang didampingi istri tercinta Ny. Eva Natalia Matondang selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah XIII/Merdeka.

Kesempatan kunjungan kerja ini Pangdam menerima laporan perihal keberadaan Kodim 1312/Talaud dari Dandim Letkol Czi Irawan Gupta rochman. Kemudian Pangdam memberikan pengarahan kepada puluhan prajurit dan ibu Persit Cabang 1312/Talaud yang berlangsung di aula makodim setempat.

“Dasar dari keberhasilan ditubuh militer, dibutuhkan kemampuan dalam melaksanakan tupoksi sebagai prajurit,” tegas Pangdam. Menurutnya, dengan kerja keras dan disiplin kita bisa menghasilkan kinerja yang baik. Untuk itu perlu sinergitas antar prajurit sesuai perintah pimpinan. Prajurit diminta untuk tidak melakukan pelanggaran dan mencegah terjadi pelanggaran.

“Kita ketahui bersama, tahun 2019 lalu, ada 72 kasus yang melibatkan sejumlah personil pada perwira, bintara, dan tamtama. Diantaranya pelanggaran Disersi atau PHPI, Laka Lalin ada 5 kasus, Asusila 11 kasus. Bila dibandingkan dengan Tahun 2018 terjadi 112 kasus. Angka pelanggaran ini mengalami penurunan, yakni sekitar 43 persen. Sehingga itu kedepan tak ada lagi pelanggaran dan diminta harus dapat mencegah,” tandas Pangdam.

Pangdam juga me-warning keras prajurit yang menggunakan narkoba atau terlibat pengedaran narkoba. Dia memastikan akan memecat prajurit yang terpapar narkoba. “Kesehatan harus dijaga dengan melakukan olahraga setiap pagi dari pukul 07.00 -09.00 wita. Karena banyak kasus kematian karena penyakit stroke, liver, dan jantung. Sementara umur masih 40 keatas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pangdam menekankan enam hal yang wajib dilaksanakan prajurit Kodim 1312/Talaud. Yakni, jalankan ajaran agama masing-masing dengan baik, tertib sarana dan prasarana perkantoran dan rumah dinas dan laksanakan tugas dalam atau jaga dengan baik dan seluruh anggota harus berpenampilan baik, tertib dan tepat waktu.

Kemudian tidak ada pelanggaran dalam bentuk apa pun, tidak ada kecelakaan dalam kegiatan; semua kegiatan direncamakan dengan baik dan melaksanakan detekai dini atau cegah dini potensi teror di wilayah tanggung jawab masing-masing serta bersikap netral dalam politik. “Tugas di sini memang jauh dari pusat. Tapi Saya mintakan laksanakan dengan tulus iklas,” ujar Pagdam menutup pengarahannya.

“Sangat berterima kasih atas kunjung pak Pangdam, Mayjen (TNI) Santos G. Matondang di Kodim 1312.Talaud,” ucap Letkol. Czi Irawan Gupta rochman. Diketahui, prajurit Kodim yang hadir berjumlah 301 prajurit termasuk 8 koramil. Semuanya ditugaskan sesuai wilayah kerja tanpa ada alasan kendati itu cuaca ekstrim. (KS/IAN)