Parlemen Perkuat UMKM, Amankan Ekonomi RI dari Corona

KOMUNIKASULUT.COM – DPR RI segera mengambil langkah konkrit untuk membantu pemerintah pusat menangani masalah sektoral, akibat penyebaran Novel Coronavirus (2019 n-Cov/Covid-19) di Indonesia. Salah satunya adalah sektor ekonomi yang kurun merosot.

Disadur dari laman DPR RI, Wakil Ketua DPR RI, Dr. H. M. Azis Syamsuddin, S.E, S.H, M.H, MAF, mengatakan parlemen akan mulai dari menggerakkan ekonomi masyarakat, yakni sektor UMKM.

“Kita akan memperkuat sektor UMKM, karena ekspor dan impor kita mulai turun. Sekarang kita menyiapkan langkah-langkah, bagaimana meningkatkan sektor UMKM agar ini bisa bergerak,” lugas Azis dari Gedung Nusantara III, Senayan, Kamis (13/3/2020).

Karena menurut Azis, perputaran ekonomi Indonesia tidak hanya bergantung pada aktivitas keluar masuk produk domestik. Tapi ada komoditas lokal yang bisa dijadikan tumpuan, dan bisa berdampak besar jika mampu diberdayakan. “Aktivitas ekonomi tidak hanya bersandar pada impor, tapi hasil produksi nasional. Baik bahan makanan dan bahan pabrik,” kilahnya.

Di sisi lain, Azis menilai penetrasi penyebaran virus dari turis (yang terpapar) ke dalam negeri, memiliki banyak celah. Sehingga menurutnya, “Untuk mencegah virus Corona meluas di tanah air, pintu-pintu masuk ke Indonesia lebih diperketat. Bali, Yogyakarta, Batam, dan Jakarta merupakan jalur masuk favorit wisatawan asing.”

“Alat pemantau suhu harus lebih banyak tersedia. Setiap tempat umum di border, harus tersedia hand sanitizer supaya bisa clean semua. Tentu di samping pencegahan, harus juga ditingkatkan kebersihan. Pemerintah, parlemen, maupun masyarakat harus seirama memerangi penyebaran virus ini,” tandas legislator dari Fraksi Golkar itu. (RE)