Covid-19 Jadi Bencana Nasional

Ilustrasi

KOMUNIKASULUT.COM – Menindaklanjuti surat edaran World Health Organization (WHO) kepada Indonesia, pemerintah akhirnya memutuskan status wabah Covid-19 sebagai bencana nasional, Sabtu (14/3/2020).

Status ini disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto, yang mengutip pernyataan Presiden RI, melalui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo.

Disadur dari laman Kemenkes RI, Achmad menyampaikan, penetapan status ini telah dikaji dan disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku. Sehingga memiliki dasar aturan yang jelas, untuk menguraikan situasi saat ini. Dan ini bukan lagi darurat nasional.

”Sekarang statusnya bencana nasional. Undang-Undang Bencana Nomor 24/2007 telah menyatakan 3 jenis bencana, yakni bencana alam, non alam, dan sosial,” jelas Achmad dari Kompleks Istana Negara, Minggu (15/3/2020).

Wabah Covid-19 diklasifikasikan sebagai bencana non alam. “Sekarang Indonesia dalam posisi tanggap darurat bencana non alam untuk pandemik Covid-19. Bencana non alam itu contohnya wabah dan pandemik saat ini. Tidak ada derajat yang paling tinggi dari ini (status bencana nasional, red),” sambung Achmad.

Sementara itu, Jokowi telah mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2020 pada Jumat (13/3/2020), sebagai dasar regulasi untuk penanganan wabah ini. Salah satu poinnya, mengangkat Kepala BNPB, Doni Monardo, sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (RE)