RI Ketambahan 21 Kasus Covid-19, Total Pasien 117 Orang

(Dokumentasi Kemenkes RI)

KOMUNIKASULUT.COM – Sebanyak 21 kasus positif Covid-19 kembali ditemukan di sejumlah wilayah di Indonesia. Dengan demikian, akumulasi pasien yang terinfeksi virus ini menjadi 177 orang.

Disadur dari laman Kemenkes RI, data ini diperbaharui Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto, di Kompleks Istana Negara, Minggu (15/3/2020).

Achmad menerangkan, 21 pasien yang baru bertambah berasal dari dua daerah yang ada di Indonesia. “Per hari ini, dari lab yang saya terima pagi tadi, kita dapatkan 21 kasus baru. Di mana 19 di antaranya di Jakarta, dan 2 di Jawa Tengah,” terangnya.

Untuk kepentingan penelusuran lebih lanjut, Jubir mengimbau para dokter setempat meyerahkan data pasien baru kepada pemerintah, yang menjadi wilayah domisili dari temuan kasus tersebut. “Dokter pun harus menyampaikannya ke Dinkes setempat, karena ini penting dalam konteks untuk tracing,” pesan Jubir.

Jubir juga mengatakan, para pimpinan daerah harus segera ambil kebijakan sesuai prosedur yang direkomendasikan pemerintah pusat dan WHO. Seperti, lebih intens melakukan tracing di wilayah masing-masing,  dan tetap merahasiakan profil suspect terinfeksi.

“Kepala daerah yang bertanggung jawab dalam kebencanaan ini, harus memiliki suatu strategi yang bagus,” tambah Achmad. (RE)