Aliansi Ormawa Fispol Serahkan Bantuan Bencana Bolmut

Frangklin Kumayas (kanan) menyerahkan bantuan bencana kepada Kepala Desa Huntuk (kiri).

KOMUNIKASULUT.COM – Enam orang mahasiswa dari Mapala Avestaria Fispol Unsrat Manado, mewakili Aliansi Ormawa Fispol untuk menyerahkan bantuan pangan dan logistik kepada korban bencana banjir bandang di Desa Huntuk, Kecamatan Bintauna, Kebupaten Bolaang Mongondow Utara, Sabtu (14/3/2020).

Bantuan tersebut merupakan hasil penggalangan dana yang dilakukan Aliansi Ormawa Fispol, sejak Rabu (11/3/2020) hingga Jumat (13/3/2020).

Koordinator Posko Penggalangan Dana, Frangklin Kumayas mengatakan, bantuan telah selesai diberikan dan mendapatkan beragam respon positif dari pihak di lokasi bencana.

“Respon mereka sangat mendukung, dengan adanya bantuan yang diberikan oleh pihak mahasiswa,” kata Frangklin kepada KOMUNIKASULUT.COM, Selasa (17/3/2020).

Frangklin memaparkan, ada beragam item bantuan yang mereka donasikan untuk korban bencana Bolmut. “Bantuan yang dikirim berupa bahan-bahan makanan pokok, air mineral, popok bayi, dan pakaian,” paparnya.

“Seluruh uang yang terkumpul dari penggalangan dana, semuanya langsung dibelikan barang logistik. Ada juga nominal uang yang lain, berjumlah 845.500 rupiah,  digunakan tim untuk biaya transportasi. Sebanyak 350.000 untuk penyewaan mobil, 300.000 untuk bensin, dan 195.000 untuk biaya makan dari tim pengantar,” urai Frangklin.

Berdasarkan lampiran berita acara serah terima bantuan Mapala, terdapat 31 jenis barang yang telah didistribusikan kepada warga melalui Kepala Desa Huntuk, Erna Aliu.

Desa Huntuk sendiri adalah salah satu wilayah yang mengalami kerusakan parah pasca banjir bandang. “Kondisi sampai saat ini, masih banyak barang berserakan. Banyak rumah warga, sekolah, gereja, dan masjid yang masih terdapat sisa-sisa tanah pasca bencana,” jelas Frangklin.

Oleh karena itu, Frangklin mengajak masyarakat Sulut agar mau berempati dan berpartisipasi menyisihkan materi, untuk diberikan di daerah pasca bencana. Dikarenakan, masih banyak hal yang belum terpenuhi, yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di sana.

“Masyarakat Desa Huntuk masih sangat membutuhkan peralatan dapur. Karena posko yang ada di desa tidak mempunyai dapur umum. Sedangkan bantuan yang masuk kebanyakan bahan makanan mentah,” ujarnya.

Tim Mapala Avestaria Fispol Unsrat berada di lokasi terdampak bencana.

Diketahui, Tim Mapala Avestaria melakukan perjalanan ke Bolmut pukul 12.30 AM, Jumat tengah malam (13/3/2020). Usai menyerahkan bantuan, tim beranjak pulang dari lokasi pukul 05.30 PM, Sabtu sore (14/3/3030). (RE)